Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kembali Atraktif, Suzuki Indonesia Catat Kenaikan Penjualan 9 Persen
Oleh : Redaksi
Kamis | 15-08-2024 | 16:44 WIB
Suzuki-XL7-Hybrid.jpg Honda-Batam
Suzuki XL7 Hybrid. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Setelah melalui dinamika penjualan mobil pada semester pertama, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terus berupaya mempertahankan eksistensinya lewat penyediaan produk guna memenuhi kebutuhan pelanggan, sehingga sanggup meningkatkan angka retail sales sebesar 9 persen di bulan Juli 2024.

Kategori passenger car maupun commercial car sama-sama mengalami eskalasi sebesar 8 persen dan 11 persen jika dibandingkan Juni 2024. Menariknya, persentase penambahan tertinggi didapatkan Baleno, kemudian diikuti oleh New XL7 serta model lainnya.

Menurut Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kondisi itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kebutuhan dan juga kepercayaan.

"Pertengahan tahun seperti ini biasanya dipenuhi berbagai aktivitas serta mobilitas perkotaan layaknya bekerja, menjalankan usaha ataupun mengantar sekolah. Kami menyadari Baleno menjadi jawaban paling tepat bagi kalangan aktif tersebut dengan tingginya value yang bisa dimiliki secara lebih terjangkau. Di sisi lain, masyarakat urban terlihat semakin condong kepada model hybrid, dibuktikan kontribusi sebesar 43 persen di antara seluruh penjualan mobil penumpang Suzuki selama Juli 2024," ujar Randy.

Stylish hatchback bermesin 1.500cc yaitu Baleno, sanggup menorehkan peningkatan retail sales 40 persen sekaligus mendominasi kompetisi di segmennya. Perolehan manfaat serta nilai dari Baleno dirasakan pelanggan mampu memberikan kepuasan lebih besar jika dibandingkan biaya yang dikeluarkan.

Sedangkan New XL7 turut menciptakan 20 persen kenaikan, dimana mayoritas 65 persennya merupakan varian hybrid. Sebagai tambahan penguat bukti tingginya minat masyarakat kepada model kompak, pergerakkan penjualan positif periode ini diikuti Grand Vitara sebesar 14 persen dan S-Presso sebanyak 13 persen. Seluruh capaian lebih baik tersebut disandingkan dengan bulan sebelumnya.

Masih menjadi favorit, mobil berteknologi hybrid terus diyakini sebagai kendaraan ramah lingkungan termudah untuk digunakan di manapun. Secara akumulatif, penjualan produk Suzuki dalam kategori ini terangkat 18 persen dengan pertumbuhan terbesar pada New XL7 Hybrid yaitu 32 persen, serta Grand Vitara sebanyak 14 persen. Kepercayaan pelanggan terhadap teknologi rendah emisi dan praktis ditunjang oleh tersedianya garansi baterai lithium-ion sepanjang 8 tahun.

Beralih pada kategori komersial, New Carry tetap menjadi andalan para pelaku usaha Indonesia. Lewat catatan penjualan, 'Rajanya Pick-Up' ini memperoleh pertumbuhan 11% sejak makin giatnya semangat kerja maupun aktivitas bisnis yang membutuhkan kendaraan niaga ringan dengan ketangguhan juga ongkos perawatan terjangkau.

Berbekal penyebaran hampir 300 jaringan outlet serta lebih dari 200 Bengkel Resmi hingga ke pelosok, bisa memberi ketenangan bagi pemilik unit operasional dimanapun dan kapan saja.

"Kami menemukan beragam alasan dari pelanggan mengapa mereka akhirnya membeli Suzuki. Namun, jawaban paling dominan saat ini adalah pentingnya memiliki mobil efisien dan terasa kualitasnya ketika dikemudikan setiap hari. Dengan begitu, kendaraan dipersepsikan menjadi solusi mobilitas yang bermanfaat, bahkan meringankan kesibukan pemiliknya," tutup Randy.

Editor: Yudha