Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Sebut Kehadiran Kepala Daerah di IKN Bakal Jadi Bagian dari Sejarah Bangsa
Oleh : Irawan
Selasa | 13-08-2024 | 11:04 WIB
Mendagri_ikn_Menteri_puper.jpg Honda-Batam
Mendagri Tito Karnvian bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)/ Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Basuki Hadimuljono serta seluruh kepala daerah meliputi gubernur, bupati, dan wali kota se-Indonesia. meninjau infrastruktur embung di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (13/8/2024). (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Penajam Paser Utara - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyebutkan bahwa kehadiran kepala daerah di Ibu Kota Nusantara (IKN) bukan sekadar kunjungan biasa, tetapi akan menjadi bagian dari sejarah bangsa Indonesia. Pasalnya, di masa depan infrastruktur IKN diyakini akan terus mengalami kemajuan.

"Nanti kita jangan mikir sekarang sejarahnya, 50 tahun 75 tahun ke depan ini bukan lagi seperti ini barangnya, high rise building di mana-mana mungkin, dengan segala macam, nanti yang bicara nanti anak cucu kita, kita membuat sejarah hari ini," ujarnya saat meninjau infrastruktur embung di IKN bersama seluruh kepala daerah se-Indonesia, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (13/8/2024).

Hadir pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang sekaligus Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Otorita IKN.

Lebih lanjut, Mendagri mengingatkan para kepala daerah untuk menyadari betapa berharganya kesempatan mengunjungi dan merasakan langsung suasana di IKN. Ia menekankan bahwa para kepala daerah yang hadir tidak hanya melihat, tetapi juga merasakan infrastruktur baru secara langsung.

"Jadi istana negara itu bawahnya yang warna putih. Itu ada gedung tinggi, itu adalah kantornya presiden, sudah jadi, enak naik lift segala macam, nanti ingin merasakan naik lift-nya gubernur, bupati, wali kotanya di bawah nanti," sebut Tito.

Selain itu, Mendagri berupaya menumbuhkan rasa kebanggaan nasional di antara para kepala daerah dan masyarakat Indonesia dengan menunjukkan bahwa IKN adalah hasil karya bangsa sendiri. "Jadi, ini dibangun oleh anak bangsa sendiri. Itu kebanggaan kita," ujarnya.

Selain meninjau infrastruktur IKN, para kepala daerah juga mendapat arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari 552 kepala daerah, sebanyak 517 kepala daerah yang dapat hadir langsung di IKN, sedangkan 35 lainnya berhalangan hadir.

Kepala Daerah Bangga

Dalam kesempatan ini, Mendagri Tito Karnavian meninjau infrastruktur embung di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (13/8/2024).

Peninjauan itu dilakukan Mendagri bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)/ Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Basuki Hadimuljono serta seluruh kepala daerah meliputi gubernur, bupati, dan wali kota se-Indonesia.

Mendagri menyampaikan rasa bangga di hadapan para gubernur dan bupati/walikota atas dibangunnya IKN. Menurutnya, pembangunan IKN perlu diapresiasi, lantaran dibangun oleh bangsa Indonesia.

Faktor tersebut, kata dia, menjadikan infrastruktur IKN cenderung lebih nyaman untuk ditempati.

Pada kesempatan tersebut, Mendagri banyak menjelaskan kepada rombongan mengenai detail tempat yang tersedia di IKN.

Hal ini seperti ruang sidang paripurna, aula besar istana negara, hingga tempat berlangsungnya pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI).

"Kemarin kami coba ruangannya. Kemarin ada sidang paripurna di sini, langsung dipimpin Bapak Presiden, Bapak Wakil Presiden, dan Presiden Terpilih. Semua menteri hadir kemarin, sudah merasakan nikmatnya di istana baru, buatan anak Indonesia," ungkapnya.

Lebih lanjut, Mendagri juga menjelaskan kepada rombongan ihwal teknis kegiatan yang akan berlangsung pada peringatan HUT ke-79 RI tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.

Mendagri mengajak jajaran kepala daerah untuk menyambut baik atas dibangunnya IKN. Menurutnya, pembangunan tersebut merupakan peristiwa bersejarah yang perlu dipahami generasi muda.

"Kedepannya [bentuk bangunan IKN] bukan lagi seperti ini barangnya. High rise building di mana-mana mungkin, dengan segala macam. Nanti yang bicara nanti anak cucu kita, kita membuat sejarah hari ini," imbuhnya.

Di lain sisi, Mendagri juga mengapresiasi kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Menurut Mendagri, Presiden Jokowi telah berhasil menorehkan kemajuan bagi Indonesia berupa pembangunan infrastruktur hingga IKN. Capaian tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Editor: Surya