Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bursa Kerja Batam Tawarkan 2.239 Lowongan Pekerjaan
Oleh : irw/yp
Selasa | 16-10-2012 | 17:17 WIB
bursa_kerja.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ratusan pencari kerja terlihat memadati Bursa Kerja Batam di Politeknik Batam. (foto : ihz/btd)

BATAM, batamtoday - Bursa kerja Batam yang dilaksanakan selama tiga hari (16-18 Oktober) di Politeknik Negeri Batam menyediakan lowongan kerja sebanyak 2.239 lowongan untuk ditempatkan di berbagai sektor usaha.


Seluruh sektor usaha tersebut a.l Elektronik, Perbankan, Galangan kapal, Penempatan Luar Negeri, Perdagangan/Retail, Restoran dan Hotel, Golf dan Pariwisata, Pengolahan Air Bersih, Bioskop dan Otomotif.

Walikota Batam Ahmad Dahlan dalam pidato pembukaan Bursa Kerja Batam menyebutkan sebanyak 34 perusahaan baik dari dalam negeri maupun internasional membuka gerai di Bursa Kerja kali ini.

"Bursa Kerja ini dibiayai Pemkot Batam dalam pos APBD, seluruh kegiatan tidak dipungut biaya. Ada 34 stan perusahaan yang membuka lowongan kerja sebanyak 2.239 loker," paparnya, Selasa (16/10/2012).

Secara detil perusahaan yang mengikuti bursa kerja kali ini adalah Bank Danamon Indonesia Tbk, BTPN, Satnusa Persada Tbk, Osi Electronics, Sanmina-SCI Batam, Ecogreen Olechemicals, Epson Batam, Labtech Penta International, Ramayana Lestari Sentos, Fastfood Indonesia Tbk, Ciba Vision, Asahi Pkas, Epcos Indonesia, Royce Enterprise, Caterpillar Indonesia, Graha Layar Mitra, Sumber Daya Dian Mandiri, Philips Industries, AMC Bintan, Dynacast Indonesia, Adhya Tirta Batam

Kemudian Excelitas Technologies, Graha Auto Perkasa, Foster Electronic, PCI Elektronik, Perkasa Melati, Panasonic Industrial Devices, Circleka Indonesia Utama, Flextronic, AFP Dwilestari, JMS Batam, Nagoya Mansion Hotel & Residence, Swiss-Belhotel Harbour Bay dan Manunggal Abadi.

Dahlan menilai bursa kerja adalah salah satu upaya Pemerintah Kota untuk mempertemukan pengusaha dengan pasar tenaga kerja guna mengurangi pengangguran di Kota Batam.

Saat ini jumlah pencari tenaga kerja yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja Kota Batam sebanyak 13.128 tenaga kerja dan yang sudah ditempatkan sebanyak 4.464 orang.

"Sisanya diharapkan berpartisipasi hari ini dan mendapat kerja," tambahnya.

Menurut Dahlan lowongan pekerjaan di Batam tetap memiliki peluang yang besar namun tidak bisa terpenuhi seluruhnya karena tidak semua tenaga kerja yang tersedia dapat memenuhi standar perusahaan di Batam.

Oleh karena itu dibutuhkan kebijakan berupa terobosan agar penyerapan tenaga kerja bisa maksimal.

"Harus ada terobosan agar tenaga kerja bisa diserap. Sudah ada pembicaraan dengan kemenakertrans untuk merehabilitasi Balai Latihan Kerja (BLK) namun biayanya besar. Selain itu Batam perlu memperbanyak sekolah kejuruan," jelasnya.