Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perayaan HUT ke-79 RI, Naik Kereta Otonom Gratis di IKN pada 17 Agustus
Oleh : Redaksi
Minggu | 11-08-2024 | 12:05 WIB
kereta_otonom_ikn.jpg Honda-Batam
Kereta otonom gratis pada 17 Agustus dalam rangka merayakan kemerdekaan RI ke-79 (Foto: Antara)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan naik kereta otonom gratis pada 17 Agustus dalam rangka merayakan kemerdekaan RI ke-79.

"Bukan hanya untuk tamu, masyarakat juga boleh coba (kereta otonom). Biayanya masih gratis," kata Basuki saat peninjauan kereta otonom di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, seperti dilaporkan Antara.

Kereta otonom alias autonomous rail transit (ART) merupakan moda transportasi massal berbasis elektrik yang tidak memerlukan rel konvensional.

Kereta melaju menggunakan sistem pandu otomatis yang mengikuti marka khusus.

Basuki mengingatkan tidak semua mobil bisa masuk kawasan Istana Negara IKN karena tempat tidak memadai. Kementerian Perhubungan bersama kepolisian daerah pun akan mengatur mobilisasi.

Dalam perayaan HUT RI ke-79, ART dua rangkaian dengan tiga gerbong per set melayani rute tertentu di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN untuk mengangkut tamu undangan.

Satu rangkaian ART mampu mengangkut maksimal 300 penumpang. Namun jumlah gerbong dapat menyesuaikan kebutuhan.

Sementara itu PUPR sudah menyiapkan empat halte penjemputan untuk melayani masyarakat yang ingin naik kereta otonom. Empat halte yang disiapkan yakni, halte Sumbu Kebangsaan Barat, halte Hotel Nusantara, halte Bank Indonesia, serta halte Grande.

Basuki berkata empat halte siap pada 15 Agustus 2024. Hanya saja, kereta otonom tidak dapat menjemput masyarakat sembarangan sehingga disiapkan halte penjemputan.

Untuk skema penjemputan tamu negara, pemerintah menyiapkan bus listrik khusus untuk mengantar tamu ke halte penjemputan.

Editor: Surya