Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Anambas Pecat Seorang Pegawai Tidak Tetap di Sekretariat DPRD
Oleh : emi/yp
Selasa | 16-10-2012 | 15:30 WIB
Sekretaris_DPRD_Anambas,_Oscar_Septem.JPG Honda-Batam
Oscar Septem, Sekretaris DPRD Kabupaten Anambas.


ANAMBAS, batamtoday - Melanggar Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 7a Tahun 2011 tentang disiplin pegawai, salah seorang Pegawai Tidak Tetap (PTT) dilingkungan Sekretaris Dewan (Sekwan) dipecat oleh Bupati Anambas, Tengku Mukhtaruddin.


"EC, salah satu pegawai tidak tetap terpaksa kita ajukan kepada bupati untuk dipecat karena tidak masuk kantor selama sebulan. Kita sudah layangkan surat teguran tiga kali kepada yang bersangkutan namun tidak ada respon makanya kita ambil keputusan untuk memecatnya," ujar Sekretaris DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Oscar Septem kepada wartawan, Selasa(15/10/2012).

Oscar menambahkan, surat teguran pertama dilayangkan pada 11 Juni 2012 lalu, surat teguran kedua 15 Juni 2012 lalu dan 1 Agustus 2012. Pada tanggal 27 Agustus 2012 silam, Sekretariat DPRD mengajukan surat usulan pemecatan terhadap EC kepada Bupati Anambas, Tengku Mukhtaruddin.

"Sesuai dengan SK Nomor 161 Tahun 2012 yang ditandatangai langsung oleh Bupati Anambas, EC telah dipecat dan hal ini sudah kita tembuskan kepada BKD Pemkab Anambas," katanya.

Menurut aturan, kata Oscar, Sekretariat DRPD sudah melakukan sesuai dengan prosedur sehingga akan membuat contoh juga kepada pegawai yang lainnya agar melaksanakan disiplin dalam bekerja.

"Pemecatan yang bersangkutan, sudah sesuai prosedur. Saya berharap hal ini menjadi contoh bagi pegawai yang lain agar benar-benar bekerja sesuai dengan aturan yang ada," katanya.

Atas kejadian tersebut kini total pegawai di Sekretariat Dewan sebanyak 101 orang, terdiri dari 25 orang PNS dan 76 Pegawai Tidak Tetap termasuk petugas kebersihan.

"Pegawai berkurang satu orang tidak masalah, yang penting kita akan terapkan disipilin dalam bekerja dan saya berharap kepada pegawai yang lain ini bisa jadi contoh tapi bukan untuk ditiru," kata Oscar.