Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

170 Pelamar Dinyatakan Lulus Tes CPNS di Anambas
Oleh : emi/yp
Selasa | 16-10-2012 | 12:57 WIB
Pegawai honor melihat hasil pengumuman di gedung BPMS.JPG Honda-Batam
Pegawai honor melihat hasil pengumuman tes CPNS di Kabupaten Kepulauan Anambas.

ANAMBAS, batamtoday - Setelah mengalami penundaaan beberapa waktu, akhirnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mengumumkan hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) atau tes tertulis seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Anambas, Selasa (16/10/2012).


"Hari ini kita sudah umumkan seluruh hasil ujian CPNSD Anambas, ada beberapa titik kita tempelkan didinding termasuk di kantor bupati dan gedung BPMS," kata Kepala BKD Pemkab Anambas, Iip Ilham Firman, Selasa (16/10/2012).

Iip menjelaskan, dari 468 peserta yang mengikuti seleksi tes tertulis, hanya lebih kurang sebanyak 170 orang lebih yang dinyatakan lolos passing grade yang ditetapkan Menpan. Dengan rincian, peserta harus mampu mencapai jumlah nilai Karakteristik Pribadi sebesar 25, Nilai Intelegensi Umum sebesar 7,5 dan Nilai Wawasan Kebangsaan sebesar 7,5. Dengan total seluruh nilai 40.

"Meski nilai peserta melebihi 40, namun ada salah satu dari tiga persyaratan tidak terpenuhi mereka tidak bisa lulus," katanya.

Sedangkan mengenai ada 50 Lembar Jawaban Kerja (LJK) peserta yang tidak terbaca oleh alat scan Menpan, Iip mengatakan pihaknya telah berusaha agar pihak Menpan melakukan pemeriksaan ulang. Namun, setelah discan ulang hasilnya tetap sama tidak terbaca.

"Jadi, 50 LJK yang tidak terbaca oleh alat Scan kita nyatakan gugur. Kesalahan diduga terletak pada peserta yang tidak tepat mengisi atau melingkar LJK sesuai prosedur," ungkap Iip.

Ia juga mengatakan, melihat dari hasil pengumuman ini ada sebanyak 23 formasi yang tidak terisi. 6 formasi diantaranya tidak ada pelamar alias kosong. Diantaranya, SI untuk Guru Pariwisata sebanyak 1 orang, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Obtetri dan Ginekologi, Spesialis Anak, Spesialis Bedah, semuanya masing-masing 1 orang.

Selanjutnya, DIII Perawat Gigi, DIII Perawat Anatesi, SI Geodesi dan SI Pertambangan, masing-masing 1 orang. Sedangkan untuk SI Teranportasi Udara, dari 2 orang yang diterima hanya 1 orang yang melamar.

Iip menambahkan, dari 638 total pelamar yang mendaftarkan diri kemeja panitia, terdapat sebanyak 122 orang yang gugur diseleksi administrasi. Sementara, peserta yang melakukan daftar ulang sebanyak 486. Mereka yang lulus seleksi administrasi diantaranya S2 sebanyak 9 orang, SI sebanyak 489 dan DIII sebanyak 18 orang.

"Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi tes tertulis atau lulus passing grade akan mengikuti tes kompetensi bidang. Untuk formasi guru direncanakan akan berlangsung pada 20 oktober mendatang langsung dari Kementrian Pendidiakan. Sedangkan Untuk formasi teknis belum ditetapkan kapan jadwalnya," jelas Iip.