Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Foto Pembangunan Batam Dipamerkan di Nagoya Citywalk
Oleh : yp
Selasa | 16-10-2012 | 12:46 WIB
pameran-foto-bp-batam-1.jpg Honda-Batam
Sejumlah foto pembangunan yang dipamerkan. (foto : ihz/btd)


BATAM, batamtoday - Sekitar 300 foto kondisi Kota Batam hasil dokumentasi Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) selama periode pembangunan sejak 1970 hingga 2012 dipamerkan untuk masyarakat umum.


Pameran foto yang bertajuk 'Derap Pembangunan Batam' ini digelar pada 14 Oktober sampai 4 November di Nagoya City Walk Batam. 

Menurut Ilham Eka Hartawan, Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam pameran foto itu merupakan bagian dari menyambut Hari Bakti BP Batam ke-41.

"Sekitar 300 foto dipamerkan. Ratusan foto ini menggambarkan proses pembangunan Batam sejak Otorita Batam (Sekarang Badan Pengusahaan/BP Batam) berdiri hingga saat ini. Pameran dibuka dari pagi sampai malam," ujarnya, Selasa (16/10/2012).

300 foto yang dipamerkan ini menggambarkan cerita perjalanan pembangunan Batam selama empat dekade terakhir sejak Kota ini diharapkan menjadi Kota Industri.

Foto-foto yang dipajang itu dibedakan berdasarkan proses yang menggambarkan perubahan fisik suatu objek pembangunan yang ada. Sejumlah objek bangunan yang dipamerkan dalam bentuk foto ini layaknya gambaran evolusi suatu bangunan, sejak pertama kali dibangun hingga berubah menjadi seperti sekarang ini.

Contohnya saja foto Bandara Internasional Hang Nadim yang pada awal pembangunannya hanya berupa bangunan kecil yang dikelilingi lahan kosong. Bukan hanya Bandara Internasional Hang Nadim, beberapa infrastruktur penting Kota ini juga dipamerkan, termasuk Landmark Kota ini, Jembatan Barelang.

"Ada foto awal Gedung Kantor Otorita Batam, Pelabuhan Batu Ampar, Barelang, dan foto kepala Otorita Batam dari dulu sampai sekarang," papar Ilham yang juga selaku Ketua Panitia Pameran.

Ia menambahkan pameran foto sekaligus ini untuk memperlihatkan pada masyarakat Batam yang umumnya pendatang, 

"Kami ingin memberitahu hal ini kepada masyarakat. Bagaimana daerah ini dibangun. Karena rata-rata masyarakat Batam hanya mengetahui kondisi yang sudah maju," kata dia.

Selain pameran foto pengunjung dapat mengikuti lomba foto bertopik pameran tersebut yang juga akan diisi dengan donor darah dan atraksi penanggulangan kebakaran.

Objek lomba foto terbatas mengenai rangkaian kegiatan pameran tersebut dan dimaksudkan untuk mengembangkan bakat seni para pengunjung khususnya para pecinta fotografi.

"Lomba ini terbuka untuk semua kalangan masyarakat, semua karya foto berwarna dan berformat JPEG dengan jenis kamera DSLR dan "pocket" atau peralatan lain yang menunjang format file JPEG," kata dia.

Pada sela-sela pameran, BP Batam juga akan menggelar atraksi dan lokakarya penanggulangan bahaya kebakaran oleh Subdirektorat Penanggulangan Bencana Kebakaran BP Batam sebagai program edukasi untuk masyarakat.

Selain itu, juga akan dilakukan donor darah dan pengecekan gula darah secara gratis untuk para pengunjung yang akan dilaksanakan oleh Rumah Sakit BP Batam.