Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Secara Massal, BRK Syariah Buka 11.400 Rekening Tabungan Simpel di Riau dan Kepri
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 05-08-2024 | 18:04 WIB
Tabungan-Simel-BRKS1.jpg Honda-Batam
PT Bank Riau Kepri Syariah menggelar pembukaan Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) secara massal sebanyak 11.400 rekening. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Pekanbaru - Setelah sukses melakukan kegiatan rutin sosialisasi program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) ke dunia pendidikan di wilayah Riau dan Kepri, kini PT Bank Riau Kepri Syariah menggelar pembukaan Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) secara massal sebanyak 11.400 rekening.

Hingga Juli 2024, jumlah Tabungan Simpel yang sudah dikeluarkan oleh BRK Syariah sebanyak 166.025 rekening dengan nilai Rp.34,68 miliar.

Acara tersebut digelar di kantor Pusat BRK Syariah Ballroom Menara Dang Merdu dan diikuti secara online dari 114 unit kantor BRK Syariah Riau dan Kepri, Senin (5/8/2024) pagi. Perwakilan sekolah yang ada di Kota Pekanbaru mulai dari SD hingga SMP sederajat, mengirimkan pelajarnya untuk hadir mengikuti rangkaian acara tersebut dan ikut melakukan penandatangan pada buku Tabungan Simpel.

Direktur Dana dan Jasa BRK Syariah, MA Suharto mengatakan satu rekening satu pelajar atau disingkat dengan KEJAR adalah program pemerintah yang disiasati oleh Otoritas Jasa Keuangan, salah satu bentuk aksi pelajar Indonesia Menabung dalam rangka implementasi keputusan presiden nomor 26 tahun 2019 tentang hari Indonesia menabung. Untuk mendukung program tersebut, BRK Syariah telah melaksanakan pembukaan tabungan simpel atau simpanan pelajar kepada seluruh pelajar di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.

"Sejak awal 2024 lalu, BRK Syariah sudah mulai melakukan sosialisasi dan edukasi keuangan di setiap sekolah dan khusus untuk hari ini BRK Syariah juga memasang target yaitu melakukan pembukaan rekening tabungan pelajar secara serentak dan secara massal sebanyak 11.400 rekening. Nanti dapat kita lihat dari layar LED ini secara virtual proses penandatanganan buku tabungan oleh pelajar," kata MA Suharto.

Dari wujud nyata dan komitmen yang sudah dilakukan BRK Syariah dalam mendorong inklusi keuangan di kalangan generasi muda, kata Suharto, dapat mengantarkan BRK Syariah meriah penghargaan dalam KEJAR Award 2024 sebagai Bank Implementasi KEJAR terbaik kategori Bank Pembangunan Daerah seperti yang pernah diraih pada tahun 2022 lalu.

"Selain mensosialisasikan Tabungan Simpel, BRK Syariah dalam setiap kegiatan juga mensosialisasikan Tabungan Sinar Belia. Antusias generasi muda untuk menabung sejak dini memang luar biasa. Hingga Juli 2024 tercatat pembukaan rekening Tabungan Sinar Belia ini mencapai 30.817 rekening dengan saldo Rp.45,19 miliar. Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada teman-teman Cabang, Capem, Kedai serta Divisi Dana dan Digital Banking yang telah bekerja keras mensukseskan acara ini," ujar Suharto lagi.

Sempena HUT ke 67 Provinsi Riau, BRK Syariah juga menggelar lomba video bakat seni dengan peserta pelajar di Riau dan Kepri. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap bakat dan kreativitas para pelajar di provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Para pemenang akan diumumkan oleh pembawa acara dan cuplikan videonya akan ditayangkan sebelum acara berakhir.

"Saya bangga melihat antusias dan semangat yang ditunjukkan oleh anak-anak kita dalam mengekspresikan diri mereka melalui seni. Kreativitas ini harus didorong dan dikembangkan agar mereka tidak hanya tumbuh sebagai generasi yang cerdas secara intelektual tetapi juga kaya dan nilai-nilai seni dan budaya. Selamat kepada pemenang lomba seni film, musik dan tari yang, semoga kegiatan ini dapat membentuk generasi yang cerdas, kreatif, dan berkarakter serta berakhlak mulia," kata Suharto yang menutup sambutannya dengan pantun mengajak anak-anak menabung.

Hadir dalam acara tersebut, Pejabat Gubernur Riau yang diwakilkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Zulkifli Syukur, Kepala OJK Riau Triyoga Laksito, Kepala OJK Kepri Sinar Danandjaya (secara virtual), Plt Kepala Kanwil Kemenag Riau Muliardi, Kepala Biro Ekonomi Riau Alzuhra Dini Alinomi, Plt Dinas Pendidikan Provinsi Riau diwakili Pengawas Sekolah Madya, Zubir, Guru dan kepala sekolah (secara virtual), Pemimpin Divisi Dana dan Digital Banking Imran, General Manager, Branch Manager, Pincapem, Pinkedai BRK Syariah (virtual).

Di akhir acara, panitia menyediakan banyak hadiah untuk pelajar yang dapat menjawab pertanyaan seputar program KEJAR dan BRK Syariah. Momen ini sangat ditunggu-tunggu pelajar yang sudah mengikuti acara pembukaan rekening Tabungan Simpel secara massal di Menara Dang Merdu. Panitia terlihat kewalahan menentukan mana pelajar yang lebih dahulu mengangkat tangannya untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Setelah itu, para pelajar juga secara bergantian mengabadikan momen special berada di Menara Dang Merdu BRK Syariah melalui photobooth di luar ruang acara.

Editor: Yudha