Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mulai Rusak, Jembatan Serka Perlu Perbaikan Segera
Oleh : em/dd
Selasa | 16-10-2012 | 09:16 WIB
jembatan-serka-anambas-2.jpg Honda-Batam
Kondisi Jembatan Serka terlihat sudah mulai rusak. (foto:em/btd)

ANAMBAS, batamtoday - Jembatan Serka, satu-satunya jembatan yang menghubungkan pasar Tarempa dengan Pelabuhan Beton Tarempa, kini mulai rusak. Pantauan di lapangan pada Senin (15/10/2012), tiang penyangga jembatan tersebut sudah rapuh dan cor yang membalut besi juga sudah terkelupas sehingga besi yang merupakan tulang dari tiang cor mencuat keluar.


Kondisi jembatan, yang saban hari padat dilalui kendaraan roda dua maupun Tosa yang biasa digunakan warga untuk mengangkat barang dari pelabuhan menuju pasar, ini sudah sangat dikhawatirkan warga yang melintas, jikalau suatu saat ambruk.

Anto, salah satu pedagang di pasar Tarempa, mengaku sangat khawatir jika jembatan tersebut roboh saat dilalui keendaraan. Dirinya meminta agar pemerintah segera mengantisipasi sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita sangat khawatir jika saat Tosa melintas, jembatan roboh. Kan bisa bahaya, sementara jembatan itu merupakan jalan pintas dari pelabuhan menuju pasar," katanya.

Terkait kondisi Jembatan Serka, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Eko Sutarso mengaku telah mendapatkan laporan, dan pihaknya akan segera melakukan kajian terhadap kelayakan jembatan tersebut. Masalah pembangunan atau pembenahan jembatan, kata Eko, akan dimasukkan pada APBD 2013.

"Kita sudah dapat laporan tentang jembatan yang sudah mulai rusak, karena jembatan tersebut telah berdiri sejak Kabupaten Natuna. Dan akan kita lakukan pengkaian lebih dulu dan rencana untuk perbaikan akan kita programkan dan ajukan anggarannya pada APBD 2013 nanti," papar Eko.