Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seleksi CPNS Mundur Lagi ke Agustus 2024, Menpan Sebut Ada Kendala Formasi
Oleh : Redaksi
Senin | 29-07-2024 | 18:04 WIB
Menpanrb3.jpg Honda-Batam
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini dipastikan mundur ke Agustus 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengakui ada kendala penentuan formasi. Ini terhambat karena sejumlah kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah belum mengajukan formasi yang dibutuhkan.

"Ini (formasi) PNS sudah selesai verifikasinya, sudah 97 persen, yang CPNS, sehingga ini insyaallah dalam waktu dekat akan diumumkan, sekitar Agustus (2024) untuk rekrutmen CPNS," kata Anas usai Inspirational Session Anugerah ASN di Pusdiklat Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta Pusat, Senin (29/7/2024).

"Kenapa ini mundur? Kami masih menunggu, ada K/L dan pemda yang belum mengusulkan, jadi kita tunggu dulu," tambahnya.

Anas menegaskan usulan formasi CPNS tersebut juga mesti diverifikasi. Ia mencontohkan kadang ada usulan K/L dan pemerintah daerah yang tak sinkron.

Misalnya, Kemenpan RB meminta formasi auditor di posisi tertentu. Akan tetapi, Anas menyebut instansi terkait malah mengajukan formasi tenaga teknis.

"Padahal, tenaga teknis sudah kita kurangi karena nanti terdisrupsi digital. Di situlah kita perlu verifikasi yang diusulkan pemda dan K/L belum sesuai arahan Presiden (Joko Widodo), belum sesuai target prioritasnya," jelas Anas.

Anak buah Presiden Jokowi itu menegaskan CPNS 2024 tidak akan terganggu apalagi tertunda dengan adanya pemilihan kepala daerah (pilkada). Anas menegaskan posisi abdi negara tidak bisa ditentukan oleh bupati atau kepala daerah.

Di lain sisi, Menpan RB Anas menyebut ada sekitar 60 ribu formasi CPNS yang dibuka untuk ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) mulanya akan dibuka pada Juni 2024, lalu molor ke Juli 2024. Total posisi yang dibuka mencapai 1,28 juta.

CASN dibuka untuk 75 K/L dengan formasi 427.850 orang dan 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174 posisi.

Kemenpan RB menegaskan 1,28 juta formasi itu untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional. Kebutuhan total PNS ada 2,3 juta orang yang rencananya bakal dipenuhi secara bertahap.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha