Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bintan-CSIRT Resmi Diluncurkan, Komitmen Tingkatkan Keamanan Siber
Oleh : Harjo
Rabu | 24-07-2024 | 13:04 WIB
CSIRT.jpg Honda-Batam
Peluncuran serentak 17 Tim Tanggap Insiden Siber pada instansi Pemerintah Daerah atau yang biasa disebut Computer Security Incident Response Team (CSIRT). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI, kembali meluncurkan secara serentak 17 Tim Tanggap Insiden Siber pada instansi Pemerintah Daerah atau yang biasa disebut Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

Peluncuran bersama ini dilaksanakan di Auditorium dr Roebiono Kertopati Kantor BSSN Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu (24/7/2024). CSIRT ini dalam rangka penguatan keamanan siber nasional.

Kepala BSSN RI, Hinsa Siburian, mengatakan tujuan pelaksanaan penguatan dan pembinaan CSIRT sektor pemerintahan ini adalah mendeklarasikan keberadaan CSIRT organisasi yang bertugas dan bertanggung jawab menangani insiden siber kepada pimpinan, konstituen CSIRT dan masyarakat.

Hinsa juga mengatakan, Peraturan Presiden (Perpres) nomor 18 tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024 telah mengamanatkan kegiatan pembentukan 131 CSIRT sebagai salah satu proyek prioritas strategis. Pembentukan CSIRT juga telah diatur dalam Perpres nomor 82 tahun 2022 tentang Pelindungan Infrastruktur Informasi Vital (IIV) Pasal (4), yaitu sektor IIV salah satunya meliputi administrasi pemerintahan. Dalam, Pasal 12, penyelenggara IIV membentuk Tim Tanggap Insiden Siber (CSIRT) Organisasi.

"Pembentukan CSIRT penting dilakukan agar manajemen insiden lebih terorganisir dan mengurangi tingkat risiko siber yang tinggi," ujar Hinsa.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi, menyampaikan Indonesia menjadi salah tujuan dan target para hacker yang artinya memerlukan sinergitas bersama dalam keamanan siber. "Kita juga masih kekurangan talenta ahli siber, jadi ini yang harus kita kejar. Saya bersyukur CSIRT ini jadi salah satu kekuatan kita di atas berbagai tantangan global yang ada," terangnya.

Sementara itu, Bupati Bintan, Roby Kurniawan melalui Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bintan, Rusli, menjelaskan Bintan menjadi salah satu daerah yang melakukan Launching CSIRT dengan nama Bintan-CSIRT. Usai menerima registrasi CSIRT, Bintan menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Provinsi Kepri yang memiliki Tim Tanggap Insiden Siber.

"Alhamdulillah, hari ini resmi Bintan-CSIRT diluncurkan Kepala BSSN bersama Menteri Kominfo. Ini upaya kita sekaligus wujud komitmen dalam menintkatkan keamanan siber khususnya di Bintan," ungkap Rusli.

Ada 3 fungsi CSIRT yang bisa dipahami, mulai dari memberikan layanan reaktif (koordinasi insiden, triase insiden, resolusi insiden), memberikan layanan proaktif mempublikasikan informasi kerawanan, keamanan dan tren teknologi serta melakukan audit keamanan informasi) dan memberikan layanan peningkatan kualitas keamanan (melalui bimbingan teknis, workshop, cyberdrill test). Pembentukan CSIRT secara resmi ditandai dengan penyerahan Surat Tanda Registrasi CSIRT dari BSSN kepada 17 instansi tersebut.

Editor: Gokli