Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Audit Tak Temukan Penyimpangan Dana UKW-BUMN
Oleh : Redaksi
Rabu | 24-07-2024 | 08:24 WIB
2407_lembar-hasil-audit_0293483487.jpg Honda-Batam
Lembar hasil audit UKW-BUMN dari Kantor Akuntan Publik Haryo Tienmar. (Sumber: PWI Pusat)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tuduhan terjadinya dugaan korupsi dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) digelar PWI Pusat disponsori Forum Humas BUMN tertepis sudah, seiring dengan terbitnya hasil audit yang menyatakan tak ditemukan pelanggaran dan penyimpangan dari keguatan tersebut.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Hendry Ch Bangun, mengumumkan hasil audit program pendidikan dan UKW yang disponsori Forum Humas BUMN, atau dikenal dengan istilah UKW-BUMN Gate.

"Hasilnya tidak ditemukan penyimpangan yang material dan signifikan atas laporan faktual penerimaan dan pengeluaran program UKW," ungkap Hendry dalam rapat pleno Pengurus Harian PWI di Gedung Pers Lantai IV, Jakarta, Selasa, (23/4/2024).

Audit tersebut dilakukan oleh akuntan independen untuk periode 1 Desember 2023 hingga 30 April 2024, dengan nomor laporan 008/HT/LAI/VII/24. Hasil audit menunjukkan bahwa PWI Pusat telah sepenuhnya melaksanakan Surat Keputusan terkait tata cara pembagian insentif. Namun, PWI Pusat diminta untuk meninjau kembali Surat Keputusan mengenai peruntukan cashback karena dianggap rancu dengan istilah gratifikasi.

"Selain itu, PWI Pusat disarankan mengimplementasikan SOP yang telah dibuat pengurus," tambah Hendry.

Hendry menegaskan bahwa tuduhan mengenai pelanggaran atau penyimpangan dalam pelaksanaan program UKW yang didanai oleh sponsorship dari Forum Humas BUMN adalah tidak benar. "Tuduhan tersebut sama sekali tidak benar," tegas Hendry.

Ia juga menyebutkan bahwa rapat pleno telah memberikan persetujuan bulat untuk mengesahkan laporan akuntan independen dari Kantor Akuntan Publik Haryo Tienmar. "Rapat pleno telah secara bulat memberikan persetujuan untuk mengesahkan laporan audit tersebut," kata Hendry.

Dengan hasil audit ini, PWI Pusat berharap dapat mengklarifikasi segala tuduhan yang tidak berdasar dan memastikan bahwa program UKW berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Editor: Dardani