Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Semarak Muharram 1446H, Karyawan XL Axiata Santuni Anak Yatim di 15 Kota
Oleh : Roni Ginting
Senin | 22-07-2024 | 19:24 WIB
XL-Santuni-Yatim1.jpg Honda-Batam
Walikota Pematangsiantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A (paling kiri) bersama Territory Sales XL Axiata area Pematang Siantar, Nazlan Mardin Nasution (paling kanan) saat menyerahkan santunan Program Semarak Muharram 1446H “Kebahagiaan Anak Yatim” di Kantor Dekranasda Kota Pematangsiantar, Sabtu (20/7/2024). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Majelis Ta'lim XL Axiata (MTXL Axiata) menyelenggarakan program Semarak Muharram 1446H "Kebahagiaan Anak Yatim". Program ini rutin dilaksanakan setiap tahun yang dilaksanakan berbagai kota di Indonesia. Tahun ini, karyawan XL Axiata serentak menyalurkan santunan di 15 kota di Indonesia.

Santunan yang disalurkan berupa, sembako, peralatan sekolah, uang tunai dan juga khitanan massal bagi 110 anak di Majalengka dan Bogor, serta menyantuni anak yatim duafa di Pematangsiantar, Palembang, Bandung, Banten, Pontianak, Banjarmasin, Surabaya, Makassar, dan Jakarta. Selain itu, juga ada kegiatan serupa di Masjid Binaan MTXL Axiata di Aceh, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Tengah.#AdaUntukIndonesia.

"MTXL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat melalui program-program yang bermanfaat dan berkelanjutan. Penerima manfaat langsung dari adanya kegiatan ini ada lebih dari 750 orang yang tersebar di 15 kota di Indonesia. Melalui program ini, MTXL Axiata juga ingin menciptakan budaya karyawan untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan memberikan kebaikan lebih banyak untuk masyarakat Indonesia," ujar Ketua MTXL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya, Selasa (22/7/2024).

MTXL Axiata bekerja sama dengan Daarut Tauhiid (DT) Peduli Jakarta di Cilandak, Jakarta Selatan, dengan menggelar acara belanja bareng bersama anak yatim dhuafa. Barang yang bisa didapatkan oleh mereka berupa baju dan peralatan ibadah.

Di Pematangsiantar, Sumatera Utara, penyaluran santunan diberikan oleh Walikota Pematangsiantar, dr. Susanti Dewayani, Sp. A, bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Daarut Tauhiid (DT) Peduli Pematang Siantar, dan Panti Asuhan Taruna Melati Muhammadiyah Pematang Siantar. Untuk penyaluran santunan di Palembang, MTXL Axiata bekerja sama dengan Panti Asuhan Pelangi.

Untuk penyaluran di Bandung, MTXL Axiata menggandeng Yayasan Al Fitrah Tholibin, di Banten disalurkan ke Desa Girimukti dan Desa Cimarga, di Pontianak bersama Panti Asuhan Al Hidayah, di Banjarmasin bersama Yayasan Kesejahteraan Madani Sentosa, di Surabaya bersama Pondok Pesantren Ar-Rahman Karanganyar, dan di Makassar bersama Panti Asuhan Al-Isra.

Pada kegiatan khitanan masal, MTXL Axiata bekerja sama dengan Dompet Dhuafa di Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat dan IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) di Desa Pamegarsari, Kel. Parung Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Anak-anak peserta khitanan tersebut merupakan anak-anak yang masuk dalam kategori mustahik. Setiap anak akan mendapatkan bingkisan berupa santunan, sarung, tas, baju koko, snack, obat-obatan dan celana khitan.

Kajian spesial Muharram dan santunan kepada anak yatim duafa juga dilaksanakan di masjid-masjid binaan MTXL Axiata yang tersebar di Meulaboh - Aceh, Magetan - Jawa Timur, Luwuk - Sulawesi Tengah, Maros - Sulawesi Selatan, dan Ndewel - Nusa Tenggara Timur . Kelima masjid tersebut dibangun oleh MTXL Axiata melalui penghimpunan dana zakat dan wakaf manajemen dan karyawan XL Axiata bagi masyarakat sekitar dan menjadi masjid binaan MTXL Axiata dalam pengelolaannya.#JadiLebihBaik

Dana untuk membiayai program Semarak Muharram 1446H "Kebahagiaan Anak Yatim" ini merupakan hasil dari pengumpulan dana zakat manajemen dan karyawan XL Axiata yang secara rutin dikumpulkan setiap bulan dan dikelolah MTXL Axiata untuk disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat. Di luar program berbagi dengan yatim duafa, MTXL Axiata kerap menyalurkan program kegiatan berbagi yang sudah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya membantu masyarakat di berbagai daerah, seperti membangun jembatan, sumber air, sumber listrik, pengadaan depot air, donor darah, bedah rumah, bangun jalan, bangun jembatan, hingga membangun masjid.

Editor: Yudha