Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sukseskan Piala AFF U-19 2024, XL Axiata Optimalkan Jaringan 4G di Surabaya dan Sekitarnya
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 18-07-2024 | 17:24 WIB
XL-Surabaya1.jpg Honda-Batam
Piala AFF U-19 2024, XL Axiata Optimalkan Jaringan 4G di Surabaya dan Sekitarnya. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Surabaya - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen menjaga kualitas jaringan 4G di Kota Surabaya dalam rangka menyukseskan gelaran turnamen sepakbola se-Asia Tenggara, Piala AFF U-19 2024, 17-29 Juli 2024. XL Axiata akan memperkuat jaringan agar para pecinta bola tanah air dan pelanggan tetap mendapatkan pengalaman digital yang optimal, baik di dalam maupun di luar dua stadion tempat turnamen berlangsung.

Dukungan ini selaras dengan upaya XL Axiata untuk terus memberikan kemudahan dan #jadilebibaik kepada pelanggan.

"Langkah XL Axiata ini selain memastikan layanan kepada pelanggan tetap maksimal, juga sebagai dukungan kepada pemerintah daerah setempat yang berupaya keras mensukseskan gelaran sepakbola Asia Tenggara ini. Kita pasti tahu bagaimana besarnya antusiasme masyarakat Surabaya dan sekitarnya terhadap sepakbola, apalagi ini even internasional di mana Tim Nasional Indonesia akan berlaga. Kami tentu ingin pendukung Timnas yang juga pelanggan XL Axiata bisa lancar mengakses internet baik di dalam atau luar stadion untuk mengabarkan pengalaman mereka terkait gelaran Piala AFF U-19 ini," ujar Regional Group Head XL Axiata East region, Dodik Ariyanto, Kamis (18/7/2024).

Menurut Dodik, penguatan jaringan tidak hanya di lingkungan stadion lokasi pertandingan, namun juga di seluruh penjuru kota Surabaya dan sekitarnya. Asumsinya, selain anggota delegasi setiap tim, nanti juga akan hadir puluhan ribu penonton, yang mereka akan juga menikmati suasana kota selain menyaksikan pertandingan. Meskipun penguatan jaringan merupakan program rutin yang dilakukan secara gradual di seluruh wilayah operasi XL Axiata, namun untuk tetap memastikan jaringan yang ada dapat menghadapi potensi lonjakan trafik penggunaan.

Head Network Operations XL Axiata Region East, Mochamad Irwan Harahap menambahkan, XL Axiata tetap melakukan penguatan dengan menambah kapasitas hingga sebesar 2 kali dari kapasitas yang tersedia sehari-hari. Khusus di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), XL Axiata menyiapkan tambahan satu mobile BTS (MBTS), karena diprediksikan di stadion ini akan terjadi peningkatan trafik karena merupakan homebase Timnas Indonesia. Turnamen Piala AFF U-19 ini akan diikuti 12 negara di Asia Tenggara tersebut, digelar di dua venue, yakni Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Stadion Gelora 10 Nopember, Tambaksari.

Saat ini, jaringan 4G khusus di Kota Surabaya ditopang oleh sekitar 1.200 BTS 4G, dan melayani sebagian besar kelurahan yang tersebar di total 31 kecamatan. Tercatat, per semester pertama 2024, XL Axiata memiliki lebih dari 1 juta pelanggan di Kota Surabaya ini dan terus bertumbuh secara dinamis.

Untuk menjaga kualitas jaringan di kawasan tersebut, XL Axiata terus melakukan berbagai upaya seperti ekspansi jaringan, upgrade kapasitas, peningkatan throughput, hingga perbaikan latency di sepanjang jalur yang menghubungkan kawasan ini. Fiberisasi ke beberapa jaringan pun terus digenjot agar kualitas layanan data menjadi maksimal, cepat dan stabil.

Kota Pahlawan kembali dipercaya menjadi tuan rumah turnamen Piala AFF U-19 2024, 17 Juli hingga 29 Juli 2024. Ada dua stadion yang akan digunakan, yakni Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 November. Piala AFF U-19 2024 diikuti 12 negara, yang dibagi menjadi tiga grup. Selain Timnas Indonesia, peserta lainnya adalah Timor Leste, Kamboja, Filipina, Laos, Vietnam, Myanmar, Australia. Selanjutnya ada juga Malaysia, Thailand, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Penawaran produk untuk masyarakat Surabaya dan sekitarnya

Untuk tetap terkoneksi dengan layanan telekomunikasi dan internet XL Axiata. Pelanggan dapat memilih Paket baru bernama “Bebas Puas”, ini memiliki keunggulan berupa keleluasaan pelanggan untuk memilih paket sesuai isi kantong alias dana yang dimiliki, akumulasi kuota dan masa aktif paket saat membeli lagi paket baru, kuota yang berlaku 24 jam, serta beragam pilihan bonus kuota. Paket baru ini bisa diperoleh melalui Aplikasi myXL, toko online, dan toko pulsa mulai 30 Mei 2024. Adapun paket Bebas Puas bisa didapatkan pelanggan mulai Rp 2 ribu/hari dengan kuota hingga 12GB sebulan, 3 ribu/hari dengan kuota hingga 30GB sebulan, 6 ribu/hari dengan kuota hingga 90GB sebulan, dan 8 ribu/hari dengan kuota hingga 150GB sebulan.

Editor: Yudha