Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Kepri Siapkan Fasilitas Khusus Pemilih Disabilitas di Pilkada 2024
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 15-07-2024 | 17:04 WIB
KPU-Kepri112.jpg Honda-Batam
Komisioner KPU Kepri. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tinggal 3 bulan lagi pemilihan kepala daerah akan bergulir di Kepri dan di 7 kabupaten kota se-Kepri. KPU Kepri terus berikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada KPPS.

Salah satu tujuan dari bimtek tersebut adalah memastikan terpenuhinya fasilitas bagi masyarakat, terutama bagi penyandang disabilitas di Pilkada 2024 mendatang.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kepri Muhammad Sjahri Papene mengatakan pihaknya berupaya dengan memberikan bimtek kepada KPPS agar para pemilih dari kaum disabilitas dapat diberikan tempat dan fasilitas khusus.

Ia menjelaskan berdasarkan catatan dan evaluasi pada Pemilu 2024 lalu, masih ada beberapa TPS yang belum memiliki fasilitas khusus untuk disabilitas, terutama disabilitas tuna rungu.

"Jadi mungkin nanti akan kami rapatkan internal untuk membimtek KPPS agar yang tuna rungu ini diberikan tempat yang dekat dengan kotak suara, sehingga saat dipanggil dan mudah diakses oleh petugas dan menuju ke kotak suara," ujar Sjahri, Senin (15/7/2024).

Sjahri menyebutkan, permasalahan yang ditemui oleh KPU yaitu juru bicara untuk tuna rungu terbagi dua jenis. "Ini mungkin juga menjadi catatan kami sehingga disabilitas ini pada saat di TPS tidak terkendala dengan pemenuhan hak suara," sebutnya.

Dengan begitu, Sjahri mengimbau seluruh masyarakat Kepri memberikan informasi yang akurat kepada pantarlih pada saat proses coklit, agar penyusunan TPS sesuai dengan kondisi pada pemilih.

"Makanya pas di coklit ini perlu masyarakat memberikan informasi yang benar-benar akurat ke pantarlih. Sehingga nanti saat menyusun TPS ini sesuai dengan kondisi para pemilih, akan kami siapkan juga fasilitas yang memang dibutuhkan disabilitas," pungkasnya.

Editor: Yudha