Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Telkom Group dan DEKOPIN Dukung Pengembangan Ekosistem Digital di KUD Seluruh Indonesia
Oleh : Redaksi
Senin | 15-07-2024 | 11:44 WIB
teken-MoU4.jpg Honda-Batam
Penandatanganan nota kesepahaman antara Telkom Group dengan DEKOPIN di Harmony One Hotel & Convention Center Batam, Jumat (12/7/2024) yang diwakili oleh Vice President Consumer Business Telkomsel Area Sumatera, Mulya Budiman (kiri), dan Ketua Umum DEKOPIN, Prof Dr HAM Nurdin Halid (tengah). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Telkom Group kembali memperkuat komitmennya untuk mendukung pertumbuhan ekosistem digital Tanah Air, khususnya di sektor koperasi, melalui penandatangan nota kesepahaman dengan DEKOPIN yang dilaksanakan di Harmony One Hotel & Convention Center Batam.

Seremonial penandatangan nota kesepahaman diwakili oleh Vice President Consumer Business Telkomsel Area Sumatera, Mulya Budiman, bersama Ketua Umum DEKOPIN, Prof Dr HAM Nurdin Halid, dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Koperasi ke-77 pada Jumat (12/7/2024).

Melalui penanadatangan nota kesepahaman ini, Telkom Group membuka peluang kolaborasi dengan seluruh Koperasi Unit Desa di beberapa aspek, mulai dari penerapan platform aplikasi Koperasi Digital, pemanfaatan channel Sobat IndiHome, pembelian produk konektifitas dan layanan digital Telkomsel seperti MyAds, RoaMAX, dan Kuncie, pemanfaatan konektivitas Indibiz, hingga integrasi rantai pasok yang dapat membawa dampak positif pada efisiensi dan efektifitas operasional koperasi.

"Penandatangan nota kesepahaman ini merupakan wujud komitmen kami dalam mendorong pengembangan ekosistem digital, khususnya di sektor koperasi. Kami ingin menjadi bagian dari perjalanan mitra koperasi untuk tumbuh bersama-sama dan menghadirkan lebih banyak manfaat bagi anggota koperasi melalui ragam solusi digital yang inovatif dari Telkomsel. Kami percaya bahwa dengan kolaborasi dan kemitraan ini, dapat berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan," kata Vice President Area Account Management Telkomsel, Nyoman Adiyasa, dalam keterangan persnya.

Platform aplikasi Koperasi Digital menyediakan berbagai fitur dan layanan yang dapat membantu operasional koperasi, mulai dari informasi kepesertaan anggota, sistem inventarisasi yang terintegrasi, monitoring transaksi yang lebih efisien, hingga fitur notifikasi informasi terkini seputar koperasi kepada seluruh anggota. Dengan memanfaatkan platform ini, koperasi dapat mengelola berbagai aktivitas operasional mereka melalui satu aplikasi yang terintegrasi, sehingga dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas koperasi.

Mitra koperasi juga dapat dengan mudah menikmati berbagai produk konektivitas dan solusi digital dari Telkom Group, mulai dari paket MyAds, RoaMAX, Kuncie. IndiHome, hingga Indbiz, melalui Aplikasi Koperasi Digital.

Selain itu, melalui program Sobat IndiHome, anggota koperasi dapat mengajak keluarga, teman, dan kerabat untuk menggunakan produk IndiHome dan akan memperoleh reward apabila berhasil mengajak anggota di komunitasnya untuk menjadi pelanggan baru IndiHome. Semakin banyak pelanggan baru yang diajak, maka semakin banyak juga reward yang diterima oleh Sobat IndiHome. Informasi lebih lengkap terkait program Sobat IndiHome dapat diakses melalui tautan berikut https://sobat.indihome.co.id/faq.

"Program Sobat IndiHome merupakan inisiatif yang embuka peluang bagi anggota koperasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi channel promosi dan penjualan produk IndiHome. Melalui platform digital ini, Sobat IndiHome dapat menyebarkan informasi promo dan link registrasi IndiHome kepada keluarga, teman, dan komunitas lainnya. Kami berharap program ini tidak hanya membantu meningkatkan penetrasi layanan IndiHome, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi anggota koperasi yang aktif berpartisipasi," kata Vice President Consumer Business Telkomsel Area Sumatera, Mulya Budiman.

Mitra Koperasi juga bisa memanfaatkan produk Indibiz sebagai solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan akses internet yang handal. Indibiz dirancang untuk mendukung pengembangan UKM di era modern dan digital melalui layanan internet berkualitas tinggi yang memungkinkan operasional bisnis yang lebih efisien dan produktif. Dengan Indibiz, koperasi dapat memastikan bahwa anggotanya memiliki akses ke teknologi dan konektivitas yang diperlukan untuk bersaing dan berkembang di pasar digital yang semakin kompetitif.

"Kerja sama antara DEKOPIN dan Telkom Group ini merupakan langkah penting dalam upaya modernisasi koperasi di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi digital, kami berharap koperasi-koperasi di seluruh Indonesia dapat lebih berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi anggotanya. Kami sangat mengapresiasi komitmen Telkom Group dalam mendukung sektor koperasi dan berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang optimal," ungkap Ketua Umum DEKOPIN, Prof Dr HAM Nurdin Halid.

Dengan adanya kolaborasi ini, Telkom Group dan DEKOPIN berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan sektor koperasi di Indonesia dan mendukung terciptanya ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan. Ini sejalan dengan visi Telkom Group untuk menjadi enabler dalam transformasi digital di berbagai sektor industri di Indonesia.

Editor: Gokli