Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jerman Bantai Irlandia di Dublin
Oleh : dd/goal
Sabtu | 13-10-2012 | 09:40 WIB

DUBLIN, batamtoday - Bertanding di kandang lawan, Aviva Stadium, Dublin, Sabtu (13/10) dinihari WIB, Jerman menunjukkan kelasnya dengan menundukkan Republik Irlandia dengan skor telak 6-1.


Hasil tersebut sudah cukup untuk memantapkan posisi Jerman di puncak klasemen Grup C fase kualifikasi Piala Dunia 2014 zona UEFA.

Tambahan tiga angka membuat koleksi poin Jerman menjadi sembilan, unggul enam poin dari Swedia. Sementara Irlandia berada di peringkat tiga dengan tetap mengantungi tiga angka.

Dua pemain tengah Jerman, Marco Reus dan Toni Kroos yang menjadi penentu kemenangan Jerman, di mana masing-masing pemain mencetak dua gol di pertandingan tersebut.

Adapun dua gol lain dilesakkan Mesut Ozil dan striker veteran Jerman, Miroslav Klose.

Babak I

Jerman turun dengan formasi menyerang sejak awal pertandingan. Alhasil, lini pertahanan Irlandia yang dimotori John O'Shea dalam tekanan hebat sejak menit pertama.

Namun Jerman baru bisa menjebol gawang Irlandia ketika pertandingan memasuki menit 32. Adalah Reus yang membuka keunggulan lewat tendangannya.

Sebelum turun minum, pemain Borussia Dortmund itu kembali melesakkan satu bola lagi ke gawang Keiren Westwood, memaksimalkan serangan balik cepat sebelum menuntaskan peluang dengan tendangan kaki kiri.

Babak II

Di 45 menit kedua, tak banyak perkembangan ditunjukkan tim tuan rumah. Pergantian pemain yang dilakukan Giovanni Trapattoni tak cukup efektif meredam permainan kolektif Jerman.

Buktinya, empat gol susulan tercipta di babak kedua, dengan Mesut Ozil menjadi pencetak gol ketiga Jerman di menit 56 lewat titik putih penalti, menyusul pelanggaran yang dilakukan Darren O'Dea terhadap Klose.

Penyerang Lazio itu juga tak ketinggalan mencetak gol dua menit kemudian dengan memaksimalkan umpan Bastian Schweinsteiger dengan sempurna.

Keunggulan 4-0 belum memaksa skuat asuhan Joachim Low puas. Dua gol tambahan dilesakkan Kroos, yang masuk di babak kedua menggantikan Sami Khedira.

Gol pertama Kroos terjadi setelah O'Shea kurang sempurna membuang bola dari daerah pertahanan Irlandia. Kroos yang mendapat bola dengan mudah melesakkan ke gawang pada menit 61.

Tujuh menit sebelum berakhirnya laga, Kroos kembali mencetak gol dengan melepas tendangan keras dari jarak lebih dari 25 meter dari gawang.

Irlandia mendapat satu gol hiburan di masa injury time lewat kontribusi Andy Keogh.