Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

IPW Tolak Kenaikan Anggaran Polri
Oleh : dd/rep
Jum'at | 12-10-2012 | 20:55 WIB
neta_s_pane.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Presidium IPW, Neta S Pane.

JAKARTA , batamtoday - Indonesia Police Watch (IPW) tidak setuju jika anggaran bagi Polri kembali dinaikkan. Pasalnya, sejak 10 tahun terakhir anggaran Polri sudah mengalami kenaikan hingga 1.000 persen. Sedangkan anggaran bagi TNI hanya naik 450 persen.


"Pertanyaannya apakah sikap, perilaku dan kinerja yang dirasakan masyarakat naik, bahkan naik seribu persen? Jawabnya tentu tidak," ujar Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, seperti dikutip dari Republika, Jumat (12/10/2012). 

Oleh karena itu, sambungnya, permintaan Polri tersebut harus dievaluasi terlebih dulu. DPR harus mengevaluasi apakah kenaikan anggaran Polri selama itu sebanding dengan peningkatan kinerja mereka. Jika tidak, kenaikan anggaran itu akan menjadi mubazir. 

Neta berpendapat, jika anggaran Polri naik terus sementara kinerjanya tidak mengalami kenaikan, bahkan pungli dari oknum-oknum Polri masih terus marak, rakyat tidak akan mendapatkan manfaatnya. 

Sebelumnya, Polri mengajukan anggaran senilai Rp 43,4 triliun dalam RAPBN 2013. Akan tetapi, anggaran korps bhayangkara dinilai jauh lebih 'gemuk' untuk belanja pegawai dan lebih 'kurus'untuk keamanan masyarakat sehingga, masyarakat harus menanggung beban sendiri untuk biaya keamanan yang seharusnya menjadi tanggung jawab negara.