Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karyawan XL Axiata Gelar Donor Darah, Pemeriksaan Kesehatan dan Sharing Session
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 28-06-2024 | 13:04 WIB
Donor-Darah-XL.jpg Honda-Batam
Karyawan XL Axiata menggelar aksi donor darah rutin per tiga bulan, pemeriksaan kesehatan gratis berupa cek gula darah, kolestrol, dan asam urat bersama Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari RS Columbia Asia Aksara di Kantor Grha XL Medan, Jalan Diponegoro No 5 Medan, Kamis (27/6/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Medan - Karyawan XL Axiata menggelar aksi donor darah yang rutin dilaksanakan per tiga bulan. Selain donor darah, hari ini juga ada kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis berupa cek gula darah, kolestrol, dan asam urat.

Kemudian sharing session bersama Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari RS Columbia Asia Aksara, dr Retno Nurul Mandasari, yang mengambil tema 'Mengenal Gejala dan Faktor Penyebab Dispepsia'. Acara dilaksanakan di Kantor Grha XL Medan, Jalan Diponegoro, nomor 5 Medan, Kamis (27/6/2024). Terbuka untuk umum #AdaUntukIndonesia.

Kegiatan ini kolaborasi bersama komunitas jurnalis dan Rumah Sakit Columbia Asia Medan dan Aksara. Hasil dari donor darah ini akan disalurkan kepada Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk selanjutnya didistribusikan ke anak-anak penderita kanker.

"Karyawan XL Axiata bersama komunitas jurnalis di Medan selalu rutin melaksanakan kegiatan donor darah pertiga bulan untuk membantu anak-anak penderita kanker. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian XL Axiata terhadap anak-anak penderita kanker yang membutuhkan darah. Kali ini, kami menambah mitra bersama RS Columbia Asia Medan dan Aksara. Berbagai kegiatan dilakukan seperti sharing session bersama dokter spesialis dan juga pemeriksaan kesehatan gratis. Harapan kami karyawan XL Axiata, jurnalis dan masyarakat lebih sehat dengan adanya kegiatan ini. Donor darah yang terkumpul juga memberi manfaat bagi anak-anak penerima donor darah," kata Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, dalam keterangan pers, Kamis.

Desy menambahkan, donor darah yang dilaksanakan hari ini, total dari 46 orang yang mendaftar, terkumpul sebanyak 40 kantong darah yang bisa dikumpulkan dari para pendonor. Darah yang terkumpul akan disumbangkan langsung ke Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk selanjutnya didistrusikan ke anak-anak penderita kanker yang sangat membutuhkan bantuan darah.

Turut serta berpartisipasi dalam aksi ini adalah Karyawan XL Axiata, MTXL Axiata, XL SATU, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumut, Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM), RSUP H Adam Malik Medan, RS Columbia Asia Aksara, RS Columbia Asia Medan dan masyarakat umum.

Kegiatan donor darah di XL Axiata telah rutin dilaksanakan sejak 2012 yang rutin dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Hingga saat ini sudah terkumpul lebih dari 1.500 kantong darah yang sudah disalurkan untuk anak-anak penderita kanker dan masyarat yang membutuhkan. Kegiatan donor darah ini selalu ditunggu-tunggu pendonor aktif yang sudah rutin mendonor pertiga bulan, karena banyak manfaat yang sudah dirasakan. Di antara beberapa manfaat donor darah untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, deteksi penyakit serius dan membantu agar lebih sehat secara psikologis #JadiLebihBaik

"Dispepsia merupakan kondisi ketidaknyamanan atau nyeri yang terjadi pada saluran pencernaan, ketidaknyamanan perut bagian atas, yang dijelaskan seperti sensasi terbakar, kembung, atau begah, mual, atau perasaan cepat kenyang setelah mulai makan. Oleh karena itu, pesan saya cuma satu, apa yang dimakan pastikan higienis, kalau tidak higienis yang tidak punya asam lambung pun jadi kena asam lambung. Pastikan yang dimakan bersih, sehat dan bergizi. Terima kasih," kata dr Retno Nurul Mandasari.

Kegiatan donor darah selanjutnya di XL Axiata akan dilaksanakan pada bulan September 2024 sebagai rutinitas pertiga bulan untuk menjaga kesehatan tubuh dan sekaligus membantu anak-anak penderita kanker.

Hadir dalam kegiatan ini, Head of Sales W-Northern 1, Horas Lubis, Ketua YOAM, Atika Rahmi, Ketua PFI Medan, Riski Cahyadi, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Pusat, Khairiah Lubis.

Editor: Gokli