Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Nagoya Keluhkan Polusi Genset Hotel Ramayana
Oleh : hz/dd
Rabu | 10-10-2012 | 14:25 WIB
genset-ramayana.gif Honda-Batam
Lokasi penyimpanan genset Hotel Ramayana yang dikeluhkan warga polusinya.

BATAM, batamtoday - Warga RT 3 RW VI Komplek Sakura Ampan, Nagoya mengeluhkan suara berisik dan asap hitam (polusi) yang dikeluarkan dari genset milik Hotel Ramayana.


Yazid (50), salah satu warga mengatakan aktivitas itu sudah berlangsung sejak bulan Desember 2010, dan membuat masyarakat sekitar terganggu dengan suara berisik dan asap hitam yang keluar dari genset tersebut.

"Sudah hampir dua tahun aktivitas itu berlangsung. Kami perwakilan warga telah menyampaikan keluhan tersebut, namun sampai saat ini tak ada tanggapan dari pihak hotel," ujar Yazid kepada batamtoday, Rabu (10/10/2012).

Bahkan, keluhan warga itu telah disampaikan langsung ke Bapedal Kota Batam pada bulan Mei 2012, tetapi tetap tak ada hasil dari laporan itu.

"Masalah ini sudah kita sampaikan ke Bapedal, kata mereka akan menyelesaikan masalah ini tapi hingga kini tak ada kabar kelanjutannya," jelasnya.

Selain itu, lanjut Yazid, pihak RT/RW juga telah menyampaikan ini ke pihak hotel tapi tetap tak mendapatkan hasil

"Kami sangat terganggu sekali akibat aktivitas itu, sebab genset itu menyala selama 24 jam. Apakah mereka tak dapat pasokan listrik dari PLN sampai harus memakai gensen untuk operasional hotel," keluh Yazid.

Kasi Penanggulangan Gangguan Bapedal Kota Batam, IP ketika dikonfirmasi batamtoday mengatakan pihaknya telah mendapatkan laporan warga itu dan selanjutnya akan turun untuk mengkroscek masalah ini.

"Kita sudah dapat laporannya dua minggu lalu, secepatnya akan kita kroscek ke lapangan untuk menyelesaikan masalah," kata IP.

Sementara itu, pihak manajemen Hotel Ramayana ketika akan dikonfirmasi sedang tak berada ditempat.

"Pak Budiman sedang keluar, nanti saya sampaikan ke beliau jika sudah kembali," salah satu resipsionis hotel yang enggan namanya disebutkan kepada batamtoday.