Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Maksimalkan yang Sudah Ada

DPRD Minta Pemprov Kepri Jangan Bangun Rumah Sakit Baru
Oleh : hrj/dd
Rabu | 10-10-2012 | 12:58 WIB
RSUD-Kepri-Tanjunguban.gif Honda-Batam
RSUD Kepri di Tanjunguban.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Pemerintah Provinsi Kepri diharapkan, untuk tidak lagi membangun rumah sakit yang baru, karena akan lebih efeektif apabila pemerintah memberdayakan yang sudah ada demi peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. 


Yusrizal, anggota Komisi IV DPRD Kepri mengatakan akan lebih efektif apabila memberikan perhatian kepada rumah sakit yang sudah ada, karena hingga saat ini masih banyak keberadaannya justru belum maksimal, terutama dari sisi anggaran dan peralatan medis. 

"Masih banyak kekurangan dan beberapa alat medis yang harganya miliaran rupiah belum bisa dioperasikan, karena terbenturnya permaslahan anggaran. Selain itu, adanya pembangunan gedung rumah sakit yang masih terbengkalai," kata Yusrizal, Selasa (9/10/2012) kemarin.

Disinggung terbengkalainya pembangunan rumah sakit yang sudah setengah jadi, Yusrizal mengatakan sampai sejauh ini pihak Pemprov memang belum bisa berbuat banyak mengingat pembangunannya lalu melalui pemerintah pusat. Dikatakan, pembangunan tersbeut bisa dilanjutkan apabila nantinya pemerintah pusat menghibahkan kepada daerah. 

"Kalau pusat sudah menghibahkan, kemungkinan baru bisa diusalkan untuk melanjutkan pembangunannya," ujarnya.

Tidak hanya itu dia juga menyinggung kurang pedulinya Pemkab Bintan dengan keberadaan RSUD Kepri Tanjunguban, menurutnya sudah seharusnya keberadaan rumah sakit ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat. 

Dia mengatakan yang terjadi selama ini justru Pemkab Bintan hanya melakukan koreksi terkait pelayanan. "Sudah mau di serahkan ke kabupaten, tetapi Pemkab tidak mau. Justru Pemkab Bintan membangun RS baru, harusnya memberdayakan yang sudah ada agar pelayanan bisa lebih maksimal," imbuhnya.

Isra Dirgantara, Kepala Tata Usaha RSUD Kepri Tanjunguban mengatakan, sampai sejauh ini pihaknya sangat berharap agar mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Kepri serta DPRD.  

"Kita berharap agar pemrintah bisa memberikan dukungan ke rumah sakit ini, guna meningkatkan pelayanan. Mengingat sejauh ini, banyak kendala yang dihadapi terkait masalah minimnya anggaran," ungkapnya.