Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Urgensi Kompetensi Komunikasi Visi-Misi Sekolah bagi Para Kepsek
Oleh : Redaksi
Selasa | 04-06-2024 | 08:20 WIB
0406_kepala-sma-kreatif_02923494875588.jpg Honda-Batam
Flayer Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua Dwipayana di Kota Batu Malang Jawa Timur. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Malang - Menjadi kepala Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat yang kreatif dan inovatif memerlukan kemampuan komunikasi yang kuat. Dengan memiliki ini, kepala sekolah dapat membangun hubungan yang baik, menyampaikan visi yang jelas, mampu mengelola konflik, dan mendorong kreativitas serta inovasi.

"Melalui pelatihan, budaya komunikasi terbuka, penggunaan teknologi, menyimak aktif, dan komunikasi asertif, kepala sekolah dapat memperkuat kemampuan komunikasinya dan membawa sekolah menuju kesuksesan," kata Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana.

Pria ramah tersebut berada di Kota Batu Malang, Provinsi Jawa Timur untuk bersilaturahim. Dalam kehadirannya itu, sosok dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut mendadak harus menjalankan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Selasa 28 Mei 2024. Menyampaikan materi bertajuk 'Memperkuat Kemampuan Komunikasi untuk Menjadi Kepala SMA yang Kreatif dan Inovatif.'

Saat hadir dan bersilaturahim dengan para tokoh di Kota Batu, Penjabat Wali Kota Batu yang juga Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Dr Aries Agung Paewai, S.STP, MM tiba-tiba 'menodong' Dr Aqua Dwipayana untuk menyampaikan sharing pada pembukaan kegiatan Profiling Kompetensi dalam Rangka Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Tahap I di Hotel Royal Orchid Jl. Indragiri No. 4 Kota Batu.

Secara keseluruhan sharing dari doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran itu akan disampaikan kepada 720 para kepala sekolah jenjang SMAN, SMKN dan SLBN yang terdiri atas 7 tahap. Untuk tahap awal, sharing diarahkan kepada 100 orang Kepala SMAN dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo, Gresik, Bojonegoro, Kediri, Kabupaten Malang, dan Kota Malang.

Dr Aqua Dwipayana menyambut positif 'todongan' dari Dr Aries Agung Paewai. Ia memandangnya sebagai rejeki sekaligus amanah yang harus dijalankan dengan baik. "Apa yang disampaikan Pak Dr Aries Agung Paewai adalah rejeki yang tidak terhingga sekaligus amanah yang harus saya jalankan dengan baik. Mudah-mudahan semua yang saya sampaikan dapat memberi suntikan motivasi dan spirit kepada para kepala sekolah dalam menjalankan peran dan fungsinya," ungkap Dr Aqua Dwipayana.

Untuk menjadi kepala SMA yang kreatif dan inovatif, kata Dr Aqua Dwipayana, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan terkait dengan memperkuat kemampuan komunikasi. Pertama, mengikuti pelatihan dan workshop yang fokus pada pengembangan komunikasi dapat memberikan wawasan baru dan meningkatkan keterampilan praktis. Pelatihan ini bisamencakup teknik presentasi, negosiasi, dan manajemen konflik.

Kemudian, tambah pria yang hobi membaca ini, mendorong budaya komunikasi terbuka di sekolah supaya semua warga sekolah merasa nyaman untuk menyampaikan pendapat dan ide mereka. Hal ini dapat dilakukan melalui rapat rutin, forum diskusi, dan kegiatan brainstorming.

"Memanfaatkan teknologi seperti e-mail, aplikasi pesan instan, dan platform manajemen sekolah online untuk menyampaikan informasi secara efisien dan efektif. Teknologi ini juga dapat digunakan untuk mengumpulkan masukan dari siswa dan guru," ujar Dr Aqua Dwipayana.

Selain itu, menyimak secara aktif adalah bagian penting dari komunikasi yang efektif. Kepala sekolah harus berusaha untuk benar-benar menyimak apa yang dikatakan oleh guru, siswa, dan orang tua, serta menunjukkan empati dan memahami perspektif mereka.

"Komunikasi asersif adalah kemampuan untuk menyampaikan pendapat dan perasaan secara jujur serta langsung tanpa merugikan orang lain. Kepala sekolah yang asertif dapat mengutarakan harapan dan batasan dengan jelas, serta memberikan umpan balik yang konstruktif," kata Dr Aqua Dwipayana menegaskan.

Pria rendah hati ini melanjutkan, memperkuat kemampuan komunikasi adalah langkah kunci untuk menjadi seorang kepala SMA yang kreatif dan inovatif. Ia menyampaikan beberapa langkah yang bisa dijalankan. Pertama, pelajari tentang teknik-teknik komunikasi yang efektif seperti pendekatan aktif menyimak, bertanya secara terbuka, dan menyampaikan pesan dengan jelas dan ringkas.

Kemudian, berlatihlah berbicara di depan umum untuk mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan berbicara Anda. Anda bisa bergabung dengan klub debat atau organisasi lain yang memungkinkan Anda berlatih berbicara di depan orang banyak.

"Seorang kepala sekolah juga harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Tulisan yang jelas dan persuasif dapat membantu dalam mengkomunikasikan ide-ide kreatif dan inovatif kepada staf, siswa, dan komunitas sekolah. Penting untuk memahami audiens Anda, baik itu staf, siswa, atau orang tua. Setiap kelompok memiliki kebutuhan dan preferensi komunikasi yang berbeda, dan memahami hal ini akan membantu Anda menyampaikan pesan dengan lebih efektif," kata Dr Aqua Dwipayana.

Pria yang hobi silaturahim ini lebih jauh menegaskan bahwa kepala sekolah yang efektif harus dapat memahami dan menghargai perasaan, pandangan, dan kebutuhan orang lain. Dengan berlatih empati, Anda akan dapat berkomunikasi dengan lebih baik dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan semua pihak yang terlibat dalam sekolah.

"Libatkan staf dalam proses komunikasi dan pengambilan keputusan. Berkolaborasi dengan staf akan membantu Anda mendapatkan masukan yang berharga dan juga membangun rasa kepemilikan terhadap ide-ide kreatif dan inovatif. Manfaatkan teknologi untuk meningkatkan komunikasi di sekolah. Platform digital, media sosial, dan alat komunikasi lainnya dapat membantu Anda menyampaikan pesan secara cepat dan efisien kepada semua anggota komunitas sekolah," ucap Dr Aqua Dwipayana menguraikan.

Sebagai kepala sekolah, kata Dr Aqua Dwipayana, sikap dan perilaku Anda akan menjadi contoh bagi seluruh sekolah. Pastikan untuk menunjukkan komunikasi yang terbuka, jujur, dan penuh kasih kepada semua anggota sekolah.

"Dengan memperkuat kemampuan komunikasi Anda dan menerapkan strategi-strategi ini, Anda dapat menjadi seorang kepala sekolah yang kreatif, inovatif, dan efektif dalam berkomunikasi dengan semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan," tutur Dr Aqua Dwipayana.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Visi:

Terwujudnya masyarakat Jawa Timur yang adil, sejahtera, seimbang, unggul dan berakhlak dengan tata kelola pemerintahan yang partisipatoris, inklusif melalui kerja bersama dan semangat gotong royong.

Misi:

  • Mewujudkan Keseimbangan Pembangunan Ekonomi, Baik Antar Kelompok, Antar Sektor maupun Antar Wilayah.
  • Terciptanya Kesejahteraan yang Berkeadilan Sosial, Pemenuhan Kebutuhan Dasar Terutama Kesehatan dan Pendidikan, Penyediaan Lapangan Kerja dengan Memperhatikan Kelompok Rentan.
  • Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih, Inovatif, Terbuka, Partisipatoris Memperkuat Demokrasi Kewargaan untuk Menghadirkan Ruang Sosial yang menghargai prinsip Kebhinekaan.
  • Melaksanakan Pembangunan Berdasarkan Semangat Gotong Royong, Berwawasan Lingkungan untuk Menjamin Keselarasan Ruang Ekologi, Ruang Sosial, Ruang Ekonomi dan Ruang Budaya.

Motto:

Cerdas, Berkarakter, Profesional, Dedikasi, Inisiatif dan Kolaboratif.

Prestasi Kepala SMA/SMK se-Jatim:

1) Budi Santoso, M.Pd (Kepala SMAN 10 Surabaya)

  • Gold Medal - International Sosial, Science, Engineering and Education Romanian Competition (Romania, 1-7 Mei 2023).
  • Gold Medal - World Youth Stem and Invention Innovation (WYSII) 2023 (Malaysia, 2-6 Agustus 2023).
  • Gold Medal dan Grand Prize Award - World Invention Creativity Olympics (Korea Selatan 27-29 Juli 2023)5. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

2) Indra Prastowo, S.Pd., M.Pd.(Kepala SMKN 1 Sudimoro Pacitan)

  • Outstanding Dedicated Principal on Circular School Initiatives - Indonesian Green Principal Award 2023.
  • Gold Award/Medali Emas (Lomba : International Innovation and Exhibition Fair, Penyelenggara : Kolej MARA Kulim, Malaysia) 2024.

3) Dra. Mariya Ernawati, MM (Kepala SMKN 2 Buduran Sidoarjo)

  • Juara 2 nasional Lomba Gala Video Kreasi Kampanye sekolah sehat.

Pimpinan: Dr Aries Agung Paewai, S.STP (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur).

Nilai-Nilai yang selalu ditekankan Kadisdik:

Kompetensi, inovasi, kreatif, kolaborasi, komunikatif, menjaga kondusivitas sekolah.*

Editor: Dardani