Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RSUD Embung Fatimah Usul Tambah Alkes Rp 7,5 Miliar
Oleh : ypn/dd
Selasa | 09-10-2012 | 14:20 WIB
Fadhilla.gif Honda-Batam
Siti Fadila Malarangan, Kepala RSUD Embung Fatimah.

BATAM, batamtoday - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam mengusulkan penambahan anggaran pembelian alat-alat kesehatan sebesar Rp 7,5 miliar dalam APBD perubahan 2012.


Alat-alat kesehatan yang akan dibeli itu antara lain Drying Cabinet senilai Rp 350 juta, alat-alat Kardiologi Rp 3 miliar, alat-alat Haemodialisa Rp 2,750 miliar, Water Treathment Rp 700juta dan Reservoi Osmosis Rp 700 juta.

"Jadi total anggaran tambahan yang kami ajukan sekitar Rp 7,5 miliar," ujar Siti Fadila Malarangan, Kepala RSUD Embung Fatimah saat rapat dengar pendapat pembahasan KUA-PPAS APBDP 2012 dengan Komisi IV DPRD Batam, Selasa (9/10/2012).

Jika usulan tambahan tersebut disetujui, maka anggaran pembelian alat-alat kesehatan RSUD menjadi sebesar Rp20,525 miliar pada tahun ini.

Siti Fadila mengatakan, pembelian alat-alat kesehatan itu sangat diperlukan RSUD pada tahun ini karena meningkatnya pasien penderita penyakit dalam dan jantung.

Apalagi mulai tahun ini RSUD juga sudah memiliki dokter-dokter tetap yang melayani penyakit dalam dan jantung.

Pengoperasian alat-alat yang diproduksi Jerman itu juga bisa menjadikan RSUD Embung Fatimah sebagai rumah sakit negeri tipe B termodern di Sumatera.

"Alat-alat ini akan melengkapi standar pelayanan minimum RSUD," katanya.

Bila anggaran tambahan itu disetujui, dia sendiri berjanji akan mendatangkannya dari suplier yang ready stock, bukan inden, karena akan memperlama pengoperasian mengingat pengadaannya juga harus melalui proses tender.

RSUD, katanya membutuhkan pengadaan alat-alat tersebut pada tahun ini dan diproyeksikan sudah beroperasi selambatnya Juli 2013.

Selain itu dikatakan, dalam tiga tahun pertama, daerah belum mendapatkan keuntungan dari pengoperasian alat-alat tersebut, namun setelah itu diyakininya akan menguntungkan pengoperasian RSUD.