Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Kabupaten dan Kota di Sumatera Masuk Nominasi IGA 2012
Oleh : si
Senin | 08-10-2012 | 17:34 WIB
Diah_Anggraeni.jpg Honda-Batam

Diah Anggraeni, Sekjen Kemendagri

JAKARTA, batamtoday - Sebanyak empat kabupaten/kota di Sumatera masuk nominasi Innovative Goverment Award (IGA) 2012 dari 30 kabupaten/kota yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).



Keempat kabupaten/kota tersebut adalah Kota Banda Aceh (Nanggroe Aceh Darussalam), Kabupaten Serdang Bedagai (Sumatera Utara), Kabupaten Ogan Komering Ilir (Sumatera Selatan) dan Kabupaten Lampung Barat (Lampung).

Selanjutnya, kabupaten/kota tersebut akan mengikuti seleksi lanjutan dan akan ditetapkan empat pemenang yang yang akan diumumkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi pada Desember 2012 mendatang.

Sebab menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Diah Anggraeni, di Jakarta, Senin (8/10/2012), penetapan pemenang akan diuji berdasarkan kajian dan penilaian dengan menggunakan parameter inovatif.

“Karena inovasi-inovasi merupakan bukti kemampuan Pemda dalam menjalankan pemerintahan yang ada. Pemda harus mampu meningkatkan kemandiriannya melalui berbagai inovasi,” kata Diah Anggraeni.

Tanpa inovasi menurut Diah, akan membuat masyarakat di daerah tertinggal dibandingkan kemajuan di daerah lain. Serta memiliki daya saing yang rendah dalam percaturan regional global.

“Oleh karena itu Kemendagri senantiasa mendorong Pemda melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah, untuk mengembangkan kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat di daerah. Namun harus tetap berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Diah menambahhkan, IGA Award adalah program yang dibuat Kemendagri untuk memberikan penghargaan inovatif kepada Pemda agar terus meningkatkan inovasi dalam rangka tata kelola pemerintahan, peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan publik dan peningkatan daya saing daerah.

"Untuk 2012, ada 108 daerah yang diseleksi jadi 30 nominator yang nanti akan diciutkan lagi menjadi 12 nominator dan ditetapkan empat pemenang IGA 2012. Daerah yang sudah menang tahun lalu, tidak diikutkan lagi seleksi agar memberikan kesempatan bagi daerah lain, termasuk yang sekarang kalau menang tahun depan tidak diikutkan lagi. Mereka akan jadi mentor dan narasumber," kata Sekjen Kemendagri.

Selain empat kabupaten/kota di Sumatera kabupaten/kota lain yang masuk nominasi adalah    Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo dan Kota Surabaya. Kemudian  Kota Tangerang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Purbalingga, Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman.

Lalu, Kota Denpasar dan Kabupaten Buleleng, Kota Mataram, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Lembata, Kabapuaten Balangan, Kabuopaten Bulungan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupayen Kolaka, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Sinjai, Kota Tual dan Kabupaten Merauke.

Ke-30 kabupaten/kota yang masuk nominasi tersebut mendapatkan piagam penghargaan dari Kemendagri. Sedangkan untuk menjadi pemenang IGA 2012, ke-30 kabupaten/kota itu harus masuk 12 nominator unggulan yang akan dilakukan uji lapangan dan penilaian dari Kemendagri.

Parameter yang digunakan untuk uji lapangan adalah keberhasilan Pemda dalam menurunkan jumlah penduduk miskin sebagai salah satu target tujuan pembangunan milineum dan parameter implementasi, serta dampak program inovatif yang dibuat. Disamping itu juga perlu mendapat masukan rekomendasi dari provinsi masing-masing.

Selanjutnya, berdasarkan penilaian nanti akan ditetapkan 4 pemerintah daerah sebagai calon pemenang IGA 2012. Kemudian Mendagri Gamawan Fauzi akan menetapkan dan menganugerahkan keempat pemenang IGA tahun 2012 tersebut sesuai dengan empat kategori inovasi yang dilakukan pemerintah daerah.

Adapun pemenang IGA 2011 lalu, adalah Kota Palembang (Sumatera Selatan), Kabupaten Banjar (Jawa Barat) , Kota Semarang (Jawa Tengah) dan Kota Malang (Jawa Timur).