Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Layanan Jaringan Satelit Orbital

Elon Musk Resmikan Layanan Starlink di Indonesia, Koneksi Internet untuk Daerah 3T di Tanah Air
Oleh : Redaksi
Minggu | 19-05-2024 | 16:34 WIB
elon_musk_bali.jpg Honda-Batam
Bos Starlink Elon Musk meresmikan layanan Starlink di Indonesia pada Minggu (19/5/2024) (Foto: Istimiwa)

BATAMTODAY.COM, Denpasar-Bos Starlink Elon Musk meresmikan layanan Starlink di Indonesia pada Minggu (19/5/2024). Peresmian Starlink di Bali ini batal dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sebelumnya dijadwalkan mendampingi peresmian tersebut.

Namun, peresmian ini didampingi oleh sejumlah menteri. Mereka adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Musk diketahui mendarat di Bali pada Minggu (19/5/2024) pagi. Kedatangan Musk di Pulau Dewata disambut langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Keduanya lantas membicarakan beragam topik ketika semobil setelah menjemput dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, termasuk roket Starship dan keseriusan Musk meluncurkan roket ke Mars.

"Saya juga menawarkan kepada dia landasan peluncuran di Biak. Saya bilang kepada dia bahwa Biak sangat cocok karena berada di ekuator, jadi ongkos (peluncuran) bisa lebih murah," kata Luhut di Tri Hita Karana, Kawasan Kura-kura Bali, Minggu (19/5/2024) pagi.

Starlink merupakan layanan jaringan satelit orbital yang pengembangannya dimulai pada 2015. Starlink kini resmi hadir di Tanah Air untuk memberikan koneksi internet, terutama pada daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Elon Musk mengaku senang bisa membawa konektivitas ke daerah yang tak memiliki jaringan internet atau memiliki bandwith yang kecil.

"Saya sangat senang bisa membawa konektivitas ke tempat yang antara tidak memiliki internet, atau seperti yang Anda saksikan pada demonstrasi barusan, memiliki konektivitas bandwith yang kecil," katanya.

Musk menyebut kehadiran Starlink di Indonesia akan sangat membantu sektor kesehatan dan pendidikan.

"Jadi ini akan menjadi penolong hidup untuk mempromosikan klinik medis. Dan saya kira ini akan menjadi sebuah transformasi untuk pendidikan juga," tutur Musk.

Menurutnya, ketika kita bisa mengakses internet, maka kita bisa mempelajari apapun. Kemudian bagi para pengusaha, akses internet akan membawa produk-produk dan layanan mereka ke tingkat dunia.

Lebih lanjut, Musk juga menyebut dirinya bakal berinvestasi di Indonesia. Namun, dia enggan memberikan rincian terkait investasi yang akan disuntikkan untuk Tanah Air.

"Kami sepertinya bakal berinvestasi di Indonesia. Hari ini pengumuman tentang Starlink. Jadi saya ingin memberikan pengumuman lebih lanjut di kesempatan lain," terangnya.

"Tapi saya kira akan sangat mungkin. Saya akan sangat mungkin menginvestasikan perusahaan saya di Indonesia pada masa depan," tambahnya.

Editor: Surya