Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hapus LKS, Aktifkan Program Remedial
Oleh : kli/dd
Senin | 08-10-2012 | 13:44 WIB
lks.jpg Honda-Batam
Keberadaan LKS dinilai sudah tak efisien,

BATAM, batamtoday - Lembar kerja siswa (LKS) yang saat ini disoroti banyak pihak sudah seharusnya dihapuskan. Pasalnya, selain harga yang mahal dan membebani orang tua siswa, pengadaan LKS juga dapat disiasati dengan solusi mengaktifkan program remedial di setiap sekolah.


Senin (8/10/2012) pagi, salah seorang komite sekolah SDN 002 Batuaji, Sugito mengatakan pengadaan LKS di sekolah-sekolah seharusnya bisa disiasati dengan mengaktifkan program remedial dari Dirjen Pendidikan Nasional. Program remedial ini dinilai lebih efektif dibanding pengadaan LkS.

"Dalam remedial itu semua mata pelajaran sudah ada kecuali mata pelajaran agama. Jadi, saya rasa mengaktifkan remedial jauh lebih efisien dibanding pengadaan LKS," paparnya menyikapi gonjang-ganjing LKS saat ini.

Selain itu, kata Sugito materi yang disampaikan dalam LKS dinilai terlalu tinggi. Khususnya untuk kalangan siswa tingkat SD, materi LKS-nya terlampau jauh dari program pembelajaran guru dan daya serap siswa-siswi.

"Remedial itu disesuaikan dengan program pembelajaran, bukan seperti LKS materinya terlalu tinggi dan susah dipahami siswa khususnya tingkat SD," jelasnya.