Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden-Menkeu Turun Gunung Bereskan Masalah Bea Cukai
Oleh : Redaksi
Selasa | 14-05-2024 | 17:24 WIB
Jokowi-Menkeu1.jpg Honda-Batam
Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sederet masalah yang membelit Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati harus turun tangan secara langsung.

Belakangan ini Bea Cukai memang sedang tersangkut berbagai persoalan hingga viral di media sosial. Sebut saja saat lembaga itu menagih pajak sebesar Rp 31 juta untuk pembelian sepatu olahraga impor Rp 10 jutaan.

Kemudian Bea cuka juga sempat disorot karena menahan alat belajar SLB hingga mainan untuk di-review. Terakhir, seorang pegawai Bea Cukai di Purwakarta dicopot dari jabatannya karena dugaan tidak menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dengan benar.

Menanggapi berbagai masalah itu, Jokowi mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat terbatas untuk mengevaluasi semua masalah yang melibatkan Bea Cukai. Walaupun ia tidak menyebutkan secara pasti kapan rapat terbatas itu akan dilakukan.

"Ya nanti akan kami ratas-kan di rapat internal," beber Jokowi saat melakukan kunjungan ke RSUD Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024).

Sedangkan di sisi lain, Sri Mulyani mengaku sudah melakukan rapat terbatas dengan Bea Cukai lebih dulu. Hal ini ia sampaikan melalui unggahan di akun Instagram resmi miliknya, @smindrawati.

Disebutkan pertemuan dengan para pejabat Ditjen Bea Cukai juga dihadiri Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dan sejumlan pejabat eselon 1 Kementerian Keuangan. Dalam kesempatan itu ia membahas berbagai hal yanh terjadi di Bea Cukai, termasuk tindak lanjut atas keluhan dari masyarakat.

"Kami membahas tindak lanjut dari berbagai masukan yang diberikan masyarakat - khususnya beberapa minggu belakangan, serta perbaikan fundamental dari institusi bea cukai," ujar Sri Mulyani dikutip dari akun @smindrawati, Senin (13/5/2024).

"Saya berpesan kepada para pimpinan yang hadir agar mampu memetakan risiko dari perubahan ekosistem dan dinamika perekonomian saat ini. Terus bangun sinergi yang makin kuat bersama APH dan K/L lain untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pesan Sri Mulyani.

Terakhir bendahara negara itu hanya bisa menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mendukung dan memberikan masukan membangun terkait kinerja Ditjen Bea Cukai. Selain itu, ia juga berterima kasih kepada seluruh jajaran Bea Cukai dalam menjalankan tugasnya selama ini.

"Terima kasih juga kepada seluruh jajaran Bea dan Cukai yang telah bekerja dengan penuh dedikasi di garda terdepan. Tetap semangat dalam menjaga amanah publik yang luar biasa penting ini. Berikan yang terbaik untuk Indonesia," tutur Sri Mulyani.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha