Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dihadiri Lintas Tokoh Agama

Perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1946 di Batam Berlangsung Hikmat
Oleh : Aldy
Senin | 22-04-2024 | 12:04 WIB
Nyipi-Saka.jpg Honda-Batam
Perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1946 di Harbour Bay Batam pada Minggu (21/4/2024). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1946 di Harbour Bay Batam pada Minggu (21/4/2024) berlangsung hikmat dan dihadiri tokoh lintas agama.

Sejumlah tokoh agama yang terlihat hadir, di antaranya Kepala Kantor Kemenag Batam, Zulkarnain; Tokoh Tionghoa Asmin Patros; Tokoh Kristiani Romo Pascalis, dan sejumlah tokoh agama lain.

Sekda Jefridin Hamid, mewakili Pemko Batam mengatakan, indeks kerukunan beragama di Kota Batam terbaik di Indonesia, dan menjadi salah satu penopang pembangunan. Hal ini menjadikan torehan pertumbuhan ekonomi tahun 2023 ini di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

"Indek kerukunan beragama di Kota Batam terbaik di Indonesia, dan ini bisa kita lihat pada berbagai perayaan, termasuk pelaksanaan Dharma Santi Nyepi Tahun Saka 1946 ini," ungkap Jefridin Hamid, dalam sambutannya.

Jefridin Hamid juga menyebutkan, pelaksanaan Dharma Santi Nyepi Tahun Saka 1946 ini bisa memberikan kedamaian dan kerukunan bagi umat Hindu sebagaimana disampaikan ketua panitia dan pengurus PHDI dari pusat.

Terakhir, ia menaruh harapan keberadaan umat Hindu di Batam bisa terus berkolaborasi dengan pemerintah dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Kota Batam. "Kiranya bisa mengaplikasikan kehidupan yang lebih baik ke depannya dan menjadi sebuah kekompakan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara, khususnya turut ikut membangun yang kini menjadi Kota Batam Baru," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dharmasanti Nyepi Tahun Baru Saka 1946, I Nyoman Gede Surya Mataram, mengatakan Hari Nyepi Saka jatuh pada 11 Maret lalu. Dalam perayaannya hari ini, Minggu (21/04/2024) bertepatan dengan hari Kartini, makanya mengambil tema 'Sat Cit Ananda untuk Indonesia Jaya'.

"Sat Cit Anda yang artinya untuk menerangi jiwa manusia bisa jaya dan maju, dengan harapan tahun 2024 Indonesia bisa lebih baik lagi," ungkap I Nyoman Gede Surya Mataram yang juga menjabat sebagai Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepri.

Senada dengan Jefridin Hamid, I Nyoman Gede juga menaruh harapan perayaan ini akan terus dilaksanakan setiap tahun sebagai momen silaturahmi serta wujud toleransi yang patut dijunjung tinggi.

Turut hadir, Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto; Ketua DPRD Batam, Nuryanto; Kepala Kejaksaan Negeri Batam, I Ketut Kasna Dedi serta pejabat yang mewakili instansi lainnya.

Perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Saka 1946 ini diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan, kemudian penampilan tarian dan juga pemberian cinderamata kepada tokoh lintas agama.

Editor: Gokli