Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Persiapan Kembali ke Masyarakat

WBP Lapas Narkotika Tanjungpinang Dapat Pelatihan Berbagai Bidang Keterampilan
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 23-07-2024 | 12:04 WIB
AR-BTD-5263-Lapas-Tanjungpinang.jpg Honda-Batam
WBP Lapas Narkotika Tanjungpinang, saat mengikuti pelatihan teknik pengelasan. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang terus berkomitmen memberikan bekal kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) guna mempersiapkan mereka kembali ke masyarakat.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan menyelenggarakan pelatihan di berbagai bidang keahlian seperti teknik pengelasan, pembuatan mebel dan perbengkelan, Selasa (23/07/2024).

Pelatihan ini merupakan bagian dari program pembinaan kemandirian yang diamanatkan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI. Tujuannya adalah membekali WBP dengan keterampilan yang dapat mereka manfaatkan untuk mencari nafkah setelah bebas.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Edi Mulyono, menyatakan pelatihan ini diikuti oleh WBP yang telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan siap. Para WBP mendapatkan pengetahuan dan kemampuan dasar untuk bekerja di bidang pengelasan, pembuatan mebel, dan perbengkelan.

"Kami berharap para WBP dapat memiliki bekal keterampilan yang memadai untuk mencari nafkah setelah bebas nanti. Sehingga mereka dapat hidup mandiri dan tidak kembali lagi ke dunia kriminal," ungkap Edi Mulyono.

Pemberian bekal kemandirian melalui pelatihan-pelatihan ini merupakan salah satu upaya Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang untuk mewujudkan tujuan pemasyarakatan, yaitu membina dan membimbing WBP agar menjadi manusia seutuhnya, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan baik.

Editor: Gokli