Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diskominfo Anambas Tambah Kapasitas Jaringan Internet
Oleh : emmi/dd
Jum'at | 05-10-2012 | 10:00 WIB
Anambas-Kepala-Dinas-Infoko.gif Honda-Batam
Kepala Dinas Infokom, Khairul Syahdat.

ANAMBAS, batamtoday - Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Informasi dan Komunikasi Pemkab Anambas akan menambah 1,5 bandwith jaringan internet. Penambahan ini dilakukan menyusul disetujuinya anggaran pada pengesahan APBD-P 2012.


"Sebenarnya kita membutuhkan 9 megabytes untuk seluruh Anambas, namun yang kita miliki sekarang hanya 5 megabytes (MB), sehingga jaringan internet sering lelet atau lambat dalam mengakses," kata Kepala Dinas Infokom, Khairul Syahdat kepada wartawan, Kamis (4/10/2012).

Khairul Syahdat menambahkan, selama ini sudah sering mendapatkan keluhan masnyarakat akan leletnya jaringan namun karena selama ini tidak ada anggaran maka Anambas hanya dapat 5 MB dengan total biaya Rp 800 juta pertahun.

"Mudah-mudahan dengan adanya penambahan 1,5 MB maka akan semakin lancar jaringan karena sudah 6,5 MB dan ini telah disahkan di APBD-P," katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan hingga mencapai 9 MB Diskominfo telah berupaya mencari solusi dengan menjalin kerjasama dengan PT Sacopa Indonesia.

"Kita telah lobi PT Sacopa Indonesia agar memberikan penambahan dan mereka setuju bahkan beberapa waktu lalu saat rapat dengan perusahaan mereka siap memberikan 30 MB namun secara bertahap, pertama untuk Tarempa akan diberikan 10 MB dan 20 MB lagi akan diberikan ketika kita membuka jaringan ke pulau-pulau," katanya.

Jika PT Sacopa memberikan penambahan 10 MB kepada Pemkab Anambas maka anggaran untuk 6,5 MB yang digunakan pada tahun 2012 bisa lebih irit karena anggarannya bisa dialihkan untuk keperluan lain.

"PT Sacopa berjanji akan memberikan 10 MB untuk kota Tarempa dengan gratis sebagai dispensasi perusahaan untuk daerah namun tidak segampang itu karena masih terkendala izin pemberian kepada kita. Kalau nanti ini terealisasi maka akan kita lanjutkan pembangunan jaringan ke pulau-pulau di seluruh Kabupaten Kepulauan Anambas maka PT Sacopa akan mendukung 30 MB," ujarnya.