Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal PLP Tanjung Uban KN Sarotama P-112 Angkut Penumpang Arus Balik dari Dabo Singkep
Oleh : Harjo
Sabtu | 13-04-2024 | 09:36 WIB
1304_plp-tanjung-ubang-0549548.jpg Honda-Batam
Kapal PLP Tanjung Uban KN Sarotama P-112 hadir dalam memberikan pelayanan angkutan arus balik lebaran, terlihat sebelum keberangkatan dari pelabuhan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kapal milik Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Uban, KN Sarotama P-112, hadir untuk mengangkut penumpang arus balik Idul Fitri 1445 H, dari pelabuhan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, tujuan dermaga PLP kelas II Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Jumat (12/4/2024).

Demikian dijelaskan Kepala Pangkalan PLP Tanjung Uban, Sugeng Riyono, dalam rangka mewujudkan organisasi dan tatakerja yang lebih efektif dan efesien dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, sehingga perlu melaksanakan kegiatan bersifat kemasyarakatan dengan memfasilitasi angkutan arus balik lebaran 2024 dengan menggunakan kapal negara.

Karena padatnya arus penumpang untuk melakukan perjalanan dari kampung halaman menuju tempat bekerja, setelah merayakan hari raya Idul fitri 1445 H, sehingga UPT Dirjenhubla wilayah sepakat memberikan layanan mudik dan balik gratis, untuk meringankan beban dan biaya transportasi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Adapun tujuan calon penumpang arus balik, di antaranya sebanyak 56 orang domisili Tanjungpinang, 26 domisili Tanjung Uban, 10 orang domisili Batam, 5 orang domisili Kijang Bintan Timur, atau total sebanyak 101 penumpang.

"Diperkirakan, KN Sarotama P-112 yang bertolak dari Pelabuhan Dabo Singkep menuju dermaga Pangkalan PLP Tanjung Uban tiba pada Sabtu, 13 April 2024," terangnya.

Dijelaskan, untuk KN Sarotama P-112 memiliki kapasitas sebanyak 120 penumpang, yang dilengkapi dengan alat keselamatan yang memadai.

Selain itu, perlu diketahui, bahwa Kapal Negara kelas I diperuntukan untuk mrlaksanakan patroli di wilayah kerja yang meliputi seluruh perairan Nangro Aceh Darussalam, Provinsi Riau, sebelah barat Provinsi Kalimantan Barat, dan seluruh wilayah Provinsi Kepuluaan Riau, dalam kegiatan penjagaan, penyelamatan, pengamanan, penertiban serta penegakan peraturan di bidang pelayaran di perairan dan pantai.

Editor: Gokli