Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dengan Berlangganan, Tidak Ada Lagi Raja-Raja Kecil di Parkir
Oleh : yp
Kamis | 04-10-2012 | 13:35 WIB


BATAM, batamtoday - Penerapan parkir berlangganan di Kota Batam dapat memudahkan masyarakat membayar retribusi parkir dan sebagai upaya menekan maraknya pengelolaan parkir secara ilegal.


Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Zul Hendry, Kamis (4/10/2012).

Zul Hendry mengungkapkan, guna memersiapkan pungutan parkir berlangganan, Dishub akan melakukan soft launching kepada para pegawai pemerintah kota pada pertengahan bulan ini.

"Dengan soft launching ini kami berharap para pegawai pemko bisa memberikan contoh ke masyarakat dalam menggunakan model pembayaran parkir berlangganan," ujarnya.

Beriringan dengan itu, Dishub juga tengah menyiapkan stiker tanda parkir berlangganan sebelum berlaku efektif mulai Januari 2013 mendatang atau setelah melakukan Grand Launching.

Lebih lanjut, Zulhendry mengatakan pihaknya juga sedang menyiapkan loket-loket untuk pembayaran parkir berlangganan seperti di mall-mall, plaza dan tempat-tempar keramaian lainnya.

Untuk lebih memudahkan pelayanan, Dishub juga akan bekerjasama dengan Samsat yang saat ini sudah memiliki loket-loket pembayaran di beberapa lokasi keramaian.

Untuk saat ini, pembayaran retribusi parkir secara berlangganan dikelola langsung Dishub, namun tahun depan pengelolaannya akan diserahkan ke swasta, begitu juga perekrutan para juru parkir.

"Ke depannya, para juru parkir akan menjadi tenaga kontrak. Tugasnya hanya menjadi pengendali dan pengatur kendaraan di kawasan perparkiran, tidak lagi mengutip uang parkir langsung ke pengguna kendaraan. Jadi tidak akan ada lagi raja-raja kecil di pengelolaan parkir," jelasnya.

Melalui Perda Nomor 1 Tahun 2012, pengutipan retribusi parkir dengan cara berlangganan menjadi salah satu opsi yang dapat dilakukan Dishub selain pengutipan secara langsung (on the spot).

Dalam payung hukum tersebut, masyarakat tidak diwajibkan melakukan pembayaran retribusi parkir secara berlangganan namun pemerintah kota memberikan pelayanan untuk itu.