Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penampungan Barang Bekas Tebakar, Warga Genta II Batuaji Geger
Oleh : kli/dd
Kamis | 04-10-2012 | 11:01 WIB

BATAM, batamtoday - Warga Genta II, Batuaji, Rabu (3/10/2012) digegerkan kepulan asap hitam tebal yang membubung tinggi ke langit, sekitar pukul 17.30 WIB. Kepulan asap tersebut berasal dari salah satu tempat penampungan barang bekas yang terbakar di permukiman Genta RT04/RW14.


Api yang membara melahap tumpukan barang bekas tersebut berhasil dipadamkan warga dengan peralatan seadanya, sehingga api tak sempat melebar ke rumah-rumah penduduk yang berdekatan langsung dengan lokasi kebakaran. Upaya memadamkan api oleh warga berlangsung kurang lebih satu jam.

Muji salah seorang warga di lokasi mengatakan, penyebab kebakaran itu diduga kuat berasal dari bekas pembakaran kabel. Dimana kabel tersebut dibakar oleh beberapa pemulung untuk mengambil tembaga yang dibungkus plastik kabel.

"Saya sempat lihat beberapa pemulung membakar kabel di lokasi, kemungkinan besar api bekas pembakaran kabel itu merembes ke tumpukan barang bekas," paparnya.

Tumpukan barang bekas yang terdiri dari bahan-bahan plastik dan kulkas rusak tersebut diketahui milik salah seorang warga yang disebut Juntak. Namun, pada saat kejadian Juntak tak ada di lokasi, sehingga upaya pemadaman itu hanya dilakukan oleh puluhan warga yang ada di lokasi.

"Barang bekas ini miliknya Juntak, tapi dia tak ada di lokasi kebakaran ini," sebut Muji setelah memadamkan api dengan puluhan warga lainnya.

Di tempat terpisah, melihat peristiwa kebakaran itu beberapa warga merasa khawatir dengan tumpukan barang bekas yang berdekatan langsung dengan rumah penduduk. Mereka menginginkan pemilik supaya memindahkan barang tersebut dari lokasi semula ke tempat yang kosong atau jauh dari pemukiman.

"Gimana gak takut mas, kalau saja api itu sempat merembes ke rumah penduduk siapa yang tanggung jawab. Kalau bisa barang bekas itu dipindah saja dari situ," pinta Emi, warga lainnya.