Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat Guyur Mayoritas Wilayah Indonesia
Oleh : Redaksi
Kamis | 04-04-2024 | 09:56 WIB
hujan_petir_angin2.jpg Honda-Batam
Ilustrasi (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi hujan lebat yang akan menerjang mayoritas wilayah di Indonesia pada Kamis (4/3/2024), dengan kecepatan lebih 50 milimeter.

Berdasarkan keterangan BMKG dikutip Antara, wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Hujan lebat turut akan menerjang Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Bahkan beberapa wilayah dilanda hujan badai, yakni hujan lebat dengan angin kencang 45 kilometer per jam yang disertai kilat dan petir, yakni berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Hujan badai juga berpotensi terjadi di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan potensi cuaca ekstrem dapat berujung bencana di sebagian besar daerah hingga sepekan ke depan. “Ini dipicu intervensi bibit siklon tropis,” kata dia.

Editor: Surya