Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Kirim Bantuan Obat & Alat Kesehatan Rp30 M ke Palestina & Sudan
Oleh : Redaksi
Rabu | 03-04-2024 | 10:28 WIB
bantuan_jokowi_palestina.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan senilai Rp30 miliar ke Palestina dan Sudandi Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4/2024) (Foto: BPMI Satpres)

BATAMTODAY.COM,Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan senilai Rp30 miliar ke Palestina dan Sudan.

Jokowi mengatakan bantuan yang dikirim sesuai dengan permintaan Pemerintah Sudan dan Mesir. Indonesia mengirim bantuan berupa obat-obatan dan alat kesehatan.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Mesir dan Sudan hari ini saya nyatakan dilepas," kata Jokowi di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Bantuan itu akan dikawal tim yang dipimpin Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. Bantuan akan disalurkan melalui Mesir dan Sudan.

Jokowi menegaskan Indonesia komitmen menjaga perdamaian dunia dan terlibat aktif dalam visi misi kemanusiaan. Indonesia, kata Jokowi, prihatin atas kejadian di Gaza dan Sudan.

"Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Gaza dan di Sudan," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi secara lebih detail menjelaskan bahwa ini merupakan pengiriman bantuan yang kesekian kalinya. Terakhir, Indonesia turut mengirimkan bantuan berupa parasut untuk melakukan pengiriman bantuan dari udara melalui Yordania.

Sementara itu, bantuan yang dikirim melalui jalur darat dari pemerintah, masyarakat, juga organisasi nonpemerintah Indonesia telah mencapai lebih dari 4.400 ton. Menlu Retno memastikan bahwa hampir semua bantuan dari Indonesia telah masuk ke Palestina.

"Hampir semua punya kita kayaknya sudah masuk karena kita rapi packing-nya, tidak harus repack, dan sebagainya. Memang kita tahu untuk kasus banyak negara, banyak penyumbang terjadi hambatan melalui darat karena semua barang yang masuk itu harus dicek oleh Israel," ucapnya.

Dua pesawat Garuda yang membawa bantuan dijadwalkan tiba pada tanggal 4 April 2024, satu di Port Sudan dan satu lagi di Kairo. Pengiriman bantuan ini menandakan langkah konkret Indonesia dalam memainkan peran aktif di panggung kemanusiaan global.

"Sekali lagi, tadi disampaikan oleh Bapak Presiden, diplomasi kita ini kental dengan dua hal: satu diplomasi perdamaian, maka kita juga aktif untuk membantu perjuangan bangsa Palestina. Yang kedua adalah diplomasi kemanusiaan. Pada saat negara atau pada saat kita melihat ada korban-korban baik perang maupun karena bencana alam, maka Indonesia selalu mencoba untuk berkontribusi sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh Indonesia," tutur Menlu.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia sudah mengirim bantuan beberapa kali ke Palestina. Pada 4 November 2023, Indonesia mengirim bantuan 51,5 ton berisi bahan makanan, peralatan medis, selimut, dan tenda.

Pada 20 November 2023, Indonesia kembali mengirim bantuan senilai 31,9 miliar. Bantuan itu berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan, dan sejumlah keperluan rakyat Palestina. Bantuan dikirim melalui Al Arish, Mesir.

Editor: Surya