Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI Siapkan Kapal hingga Pesawat Hercules untuk Masyarakat Mudik Lebaran 2024
Oleh : Redaksi
Selasa | 02-04-2024 | 19:16 WIB
Kasum-TNI1.jpg Honda-Batam
Kasum TNI Letjen Bambang Ismawan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - TNI tengah mempersiapkan diri dalam menghadapi mudik Lebaran 2024. TNI menyiapkan sejumlah transportasi untuk membantu masyarakat kembali ke kampung halaman.

"Pelaksanaan mudik yang sudah dijadwalkan itu tanggal 5 (April) itu di Angkatan Laut, dari Angkatan Laut menyiapkan satu kapal LPD (Landing Platform Dock)," kata Kasum TNI Letjen Bambang Ismawan kepada wartawan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2024).

Transportasi kapal itu digunakan untuk membawa penumpang, yakni masyarakat umum dari berbagai daerah. Masyarakat tak dibebani biaya apa pun.

"Itu untuk membawa penumpang dari Jakarta, Semarang, dan Surabaya kemudian sebaliknya itu akan diangkut dengan kapal itu gratis," katanya.

"Jadi prioritas bagi yang sepeda motor karena selama ini kan pemotor banyak sekali yang ke Jawa kebetulan Jawa Tengah, Jawa Timur, nah itu untuk mengurangi kerawanan difasilitasi oleh angkatan Laut," ujarnya.

Tak hanya TNI AL, satuan-satuan TNI lainnya, seperti Mabes TNI hingga Angkatan Udara (AU), juga ikut menyediakan transportasi guna lancarnya mudik Lebaran 2024.

"Kemudian satuan-satuan yang ada, seperti Mabes TNI, kita juga menyelenggarakan mudik gratis menggunakan bis itu dikoordinir oleh aster (asisten teritorial) Panglima TNI," ucapnya.

"Untuk satuan-satuan lainnya demikian di angkatan udara juga menyegarkan juga pesawat Hercules salah satu saat diperlukan untuk membantu masyarakat yang akan mudik," tutup Bambang.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha