Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Anggarkan Pemeliharaan Bandara Rp 22,9 Miliar Per Tahun
Oleh : ali/dd
Rabu | 03-10-2012 | 18:14 WIB

BATAM, batamtoday - Pemeliharaan Bandara Hang Nadim dianggarkan oleh Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) sebesar Rp22,9 miliar per tahunnya.


"Dana tersebut untuk perawatan semua fasilitas yang ada di bandara seperti perawatan AC, cleaning service, komunikasi, landing system, eskalator, genset, hingga Air Traffic Control (ATC), " kata Dendi Gustinandar, Kabid Komersil Bandara Hang Nadim, Batam Rabu (3/10/20 12).

Pemeliharaan yang dilakukan, tambahnya rutin dilakukan untuk menjaga semua fasilitas dari kerusakan akibat dimakan usia, maupun dikarenakan kendala lainnya. 

Dendi juga mengatakan, selain biaya pemeliharaan aset bandara, BP Batam juga meng-upgrade dan membangun beberapa fasilitas yang ada di Hang Nadim Batam dengan anggaran Rp24,3 miliar seperti untuk meningkatkan fasilitas dan keamanan penerbangan.

Ilham Eka Hartawan, Kasudbit Humas dan Publikasi BP Batam  mengatakan jika proyek perbaikan dan pembangunan beberapa fasilitas itu masih dalam pengerjaan yang meliputi pengadaan aero web met senilai Rp2,5 miliar.

"Pengadaan satu unit x-ray bagage yang digunakan untuk meningkatkan keamanan di terminal penumpang senilai Rp399 juta. Pengadaan dan pemasangan AC cassete di ruang tunggu gedung terminal Rp509 juta. Direction fender atau alat penyaring frekuensi ATC dengan pilot seharga Rp1,8 miliar," terangnya.

Selain itu, juga meliputi pengadaan peralatan aeronautical data processing system (ADPS) Rp3,8 miliar, rekondisi peralatan radar cuaca Rp2,6 miliar.

Sedangkan pembangunan dan perbaikan perimetri pagar bandara yang sudah rusak karena termakan usia dianggarkan sebesar Rp2,8 miliar, dan pembangunan satu unit garbarata senilai Rp9 miliar, serta pembangunan dua toilet.