Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bangun Ekonomi Riau Melalui UMKM, BRK Syariah Lakukan MoU dengan Sejumlah Instansi
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 02-04-2024 | 08:36 WIB
AR-BTD-5115-BRK-Syariah.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Penandatanganan MoU BRK Syariah di Ruang Sharia Digital Center Menara Dang Merdu BRK Syariah Pekanbaru, Senin (1/4/2024) siang. (Foto: Humas BRK Syariah)

BATAMTODAY.COM, Pekanbaru - PT Bank Riau Kepri (BRK) Syariah (Perseroda) cukup berperan dalam mendukung pembangunan ekonomi daerah melalui pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya. Melalui program yang sudah ada, BRK Syariah menggandeng sejumlah instansi seperti Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Universitas Riau, dan Dinas Koperasi UKM Kota Pekanbaru.

Dengan ketiga mitra tersebut, BRK Syariah melakukan penandatanganan MoU di Ruang Sharia Digital Center Menara Dang Merdu BRK Syariah, Senin (1/4/2024) siang yang disaksikan langsung oleh Direktur Pembiayaan, Tengkoe Irawan serta sejumlah Pemimpin Divisi BRK Syariah, General Manajer BRK Syariah Cabang Utama, Branch Manager BRK Syariah Pekanbaru dan Branch Manager BRK Syariah Arifin Ahmad.

Penandatanganan MoU dengan Kantor Kementrian Agama Kota Pekanbaru ini meliputi penerbitan sertifikasi halal untuk pelaku UMKM Binaan BRK Syariah. Kemudian dengan Dinas Koperasi UKM Kota dan Unversitas Riau dalam rangka memberikan pendampingan dan pemberdayaan kepada pelaku UMKM meliputi Pemberian Pelatihan, edukasi, literasi, dan Promosi UMKM. Dimana BRK Syariah memiliki sentra UMKM melayani Pembiayaan, Klinik Bisnis, Pelatihan, Bincang Bisnis, Promosi Produk, Ruang Bisnis dan Pendampingan.

"Alhamdulillah pada hari ini BRK Syariah berusia 58 tahun, tepat di bulan yang baik ini kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang selama ini sudah berkontribusi dalam memajukan BRK Syariah, baik dalam aktivitas bisnis, sosial maupun aktivitas budaya. Dengan sinergi yang dilakukan hari ini, kita harapkan dapat membangun Riau kedepannya menjadi lebih baik," ujar Tengkoe Irawan dalam sambutannya.

Selanjutnya, Kepala Kemenag Kota Pekanbaru, Syahrul Mauludi juga menyampaikan MoU yang dilakukan dengan BRK Syariah ini juga salah satu komitmen Kemenag dalam mendukung program nasional terkait penjaminan produk halal. Pelaku UMKM di Kota Pekanbaru memang potensi halal di Indonesia.

"Potensi halal UMKM di Kota Pekanbaru ini memang luar biasa. Sertifikasi halal ini juga sebagai penguatan motivasi untuk pelaku UMKM berusaha. Sertifikasi halal ini bukan hanya menjadi trend nasional saja, tetapi ini juga merupakan harapan masyarakat hingga ke tingkat internasional di negara-negara yang minoritas muslim," kata Syahrul yang optimis dengan adanya sinergi ini akan banyak program-program positif yang dapat dilakukan.

Demikian juga disampaikan Pengawas Ahli Muda Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru, M Salim dan Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Universitas Riau, Rendra Wasnury dalam sambutannya.

"BRK Syariah dengan Unri selama ini sudah bersinergi dalam berbagai kegiatan. Kebetulan saat ini kerjasama nya bukan terkait layanan jasa keuangan, melainkan pembinaan terhadap pelaku UMKM. Kami Fakultas Ekonomi siap memberikan kontribusi kemajuan pelaku UMKM di Riau ini," ucap Rendra Wasnury.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan kerjasama dengan sejumlah Developer yaitu PT Bangun Berdaya Gibrani, PT Allesha Gala Anugra, PT Membangun Lebih Baik dan PT Arima Karya Property. Dilanjutkan dengan pemberian reward kepada Developer penyaluran FLPP terbaik tahun 2023 yakni PT Ray Cipta Mandiri, PT Wahana Tata Griya dan PT Razif Imam Fajar.

Direktorat Pembiayaan juga menyerahkan hadiah kepada nasabah loyal Pembiayaan Aneka Guna kepada Efendi Sihombing, Itje Lestari dan Indah Hartini Putri. Masing-masing mendapatkan emas antam senilai 0,5 gram.

Editor: Dardani