Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gereja Katedral Jakarta Bagikan Sayur dan Buah Usai Misa Paskah
Oleh : Redaksi
Minggu | 31-03-2024 | 13:33 WIB
buah_sayur_katedral1.jpg Honda-Batam
Setiap jemaat berhak mendapatkan satu jenis buah atau sayur untuk dibawa pulang (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Panitia Paskah Gereja Katedral Jakarta mendekorasi sejumlah sudut gereja dengan menghadirkan aneka buah dan sayur selama Misa Minggu Paskah pada Minggu (31/3/2024).

Humas Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral, Susyana Suwadie mengatakan sayur dan buah ini diberikan kepada jemaat seusai Misa Paskah sesi ketiga yang digelar pukul 11.00 WIB.

Setiap jemaat berhak mendapatkan satu jenis buah atau sayur untuk dibawa pulang.

Susy menjelaskan aksi simbolik ini dilakukan untuk mendekatkan umat dengan hasil bumi sebagai pengingat untuk kembali melestarikan alam.

"Ada salah satu sudut di-display hasil bumi. Dengan hasil bumi, kita sebagai umat turut diajak bagaimana melestarikan alam," kata Susy.

Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo dalam pesan Misa Paskah kali ini menyampaikan Indonesia harus bebas dari perbudakan menuju Tanah Terjanji dari kegelapan menuju terang.

Suharyo menyinggung peristiwa di Indonesia, seperti perdagangan orang, korupsi, hingga bencana disebabkan ulah manusia yang diperbudak oleh keserakahan dalam berbagai bentuk sistem budaya, ekonomi, politik, dan sistem-sistem masyarakat pada umumnya.

"Kita membaca dan mendengar di media massa berbagai macam perbudakan dalam arti yang seluas-luasnya yang terjadi di negara ini. Saya sebut yang paling banyak diberitakan, tindak pidana perdagangan orang yang korbannya tidak sedikit. Kejahatan korupsi, tindak pidana pencucian uang yang berlangsung lama dan di dalam angka yang sangat sulit kita bayangkan," kata Suharyo.

Sementara itu, perayaan puncak Paskah di Gereja Katedral Jakarta digelar sebanyak empat kali, yakni pukul 06.00 WIB dipimpin Romo Yusup Edi Muljono, sesi kedua pukul 08.30 WIB dipimpin Kardinal Ignatius Suharyo, sesi ketiga pukul 11.00 WIB, yakni misa keluarga dan anak-anak dipimpin Romo Yohanes Deodatus, dan sesi terakhir pukul 17.00 WIB dipimpin Romo Albertus Hani Rudi Hartoko.

Sumber: Berita Satu
Editor: Surya