Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Anambas Bantu Korban Kebakaran
Oleh : emmi/dd
Rabu | 03-10-2012 | 16:18 WIB
anambas-bantuan-kebakaran.gif Honda-Batam
Bekesbang Pemkab Anambas memberikan bantuan kepada korban kebakaran.

ANAMBAS, batamtoday - Untuk meringankan beban korban kebakaran, Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Anambas berikan bantuan sembako dan 22 paket kebutuhan pokok dan peralatan rumah tangga kepada 3 kepala keluarga (KK) korban kebakaran, Anita, Anuar dan Yefri Yendri yang terjadi di Kampung Baru, Tarempa, baru-baru ini. 


"Bantuan yang kita serahkan ada sebanyak 22 item. Dalam paket tersebut tergolong lengkap. Mulai dari Sembako, peralatan dapur, selimut hingga tenda," kata Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana Dinas Sosial Anambas, Heryana kepada wartawan, Rabu (3/10/2012).

Heryana menambahkan, kebutuhan pokok bantuan yang diberikan kepada korban berupa, minyak goreng sebanyak 3 botol, Sardencis 155 gr sebanyak 1 dus, kecap sebanyak 1 kotak dan beras sebanyak 50 kg. Sedangkan untuk peralatan dapur berupa, termos nasi, rantang, penggorengan, teko air dan lain-lain.

"Selain kebutuhan pokok dan alat dapur, dalam paket tersebut juga terdapat seragam sekolah sebanyak 6 pasang, baju kaus dan baju batik masing-masing 4 lembar, selimut 6 helai, matras 6 buah dan tikar 1 buah," ungkap Heryana.

Secara terpisah, Wakil Bupati Anambas, Abdul Haris mengatakan, berdasarkan Pemendagri no 32 tahun 2011 tentang pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial, pemerintah daerah tidak dapat memberikan bantuan secara langsung kepada korban kebakaran seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Warga yang ingin mendapatkan bantuan hibah dari pemerintah daerah, mereka diharuskan mengajukan proposal sesuai kerusakan atas musibah yang dialami. Pemerintah daerah pasti akan memberikan bantuan namun dalam bentuk apa belum ditentukan. Bisa saja material rumah atau uang tunai. Namun semua tergantung tim seleksi yang menilai nantinya," ujar Abdul Haris.