Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sudah Kantongi Tiket Olimpiade 2024, Fajar/Rian Selektif Pilih Turnamen
Oleh : Redaksi
Kamis | 28-03-2024 | 17:40 WIB
Fajar-Rian1111.jpg Honda-Batam
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Setelah memastikan tiket ke Olimpiade Paris 2024, ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tak mau mengikuti terlalu banyak turnamen agar bisa mencapai peak perfomance yang tepat sasaran.

Kepastian Fajar/Rian mengantongi tiket ke Paris diperoleh setelah menjuarai All England 2024 dua pekan lalu. Bukan suatu hal mudah karena mereka harus melalui perjuangan panjang termasuk naik-turun prestasi dalam setahun terakhir.

Sejak juara All England 2023, baru kali ini ganda putra berakronim FajRi ini kembali menyegel gelar juara di turnamen bulutangkis internasional. Tak tanggung-tanggung, mereka mempertahankan gelar juara di turnamen tertua All England.

"Ya, pasti ya suatu kebanggaan ya, kami juga tidak menyangka bisa juara lagi di All England, pastinya kami juga mau membuktikan juga bahwa kita juga masih bisa gitu berprestasi," kata Rian saat ditemui pewarta di Pelatnas PBSI, Cipayung, seusai latihan.

"Tapi ya kami tidak mau terlalu berekspektasi lebih ya. Setelah juara ini ya kami bukan siapa-siapa lagi. Kami mulai dari bawah lagi, mulai dari nol, ya kita coba buat fokus, lebih jaga kondisi dan lebih konsisten lagi buat permainan."

Dapat menjadi juara All England back to back ini memang tak hanya memberikan rasa plong bagi Fajar/Rian agar lebih fokus ke Olimpiade. Tapi membuat mereka bisa lebih fokus dan selektif dalam memilih turnamen untuk ke depannya.

"Kalau sudah dipastikan lolos paling ya tinggal maintenance saja ya. Dalam arti kita harus sebisa mungkin mencari buat cari peak performance-nya untuk di Olimpiade," tuturnya.

"Jadi jangan semuanya kita ambil ikut permainannya karena pastikan itu juga capek dan lebih baik kita lebih memilih turnamen. Selebihnya kita bisa mempersiapkan diri buat pertandingan di olimpiade apa saja."

"Masih belum diskusi juga sih sama pelatih, cuma kalau dari saya pribadi sih saya inginnya enggak terlalu banyak ikut pertandingan ya, karena lebih baik kami mempersiapkan diri lebih baik supaya nanti di Olimpiade-nya bisa maksimal," ujarnya.

Sejauh ini, turnamen yang sudah dipastikan diikuti Fajar/Rian adalah Kejuaraan Bulutangkis Asia alias Badminton Asia Championships 2024 (BAC 2024) di China pada 9-14 April mendatang.

Sementara setelahnya masih ada turnamen-turnamen seperti Piala Thomas, BWF World Tour Super 500 Thailand Open, Super 500 Malaysia Masters, dan Super 750 Singapore Open, Super 1000 Indonesia Open, dan super 500 Australia Open.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha