Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekdaprov Adi Prihantara Buka Rakor Gugus Tugas Kota Layak Anak Provinsi Kepri 2024
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 22-03-2024 | 14:24 WIB
Rakor-KLA-Kepri.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sekdaprov Adi Prihantara saat membuka Rakor Gugus Tuhas KLA Provinsi Kepri 2024, Kamis (21/3/2024). (Kominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekdaprov Adi Prihantara, membuka Rapat Koordinasi Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 di Ruang Rapat Barenlitbang Provinsi Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (21/03/2024).

Rakor ini diprakarsai Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) dalam rangka memperkuat komitmen dan mendorong Gugus Tugas KLA untuk berperan secara langsung dalam pengembangan Kota Layak Anak di Provinsi Kepulauan Riau.

Rakor ini bertujuan untuk melakukan evaluasi, monitoring, dan persamaan persepsi mengenai upaya-upaya strategis yang dapat dilakukan. Selain itu dalam rapat ini juga membahas persiapan dukungan Gugus Tugas dalam pengisian evaluasi pengembangan KLA.

Sekdaprov Adi mengatakan, kota layak anak merupakan suatu sistem pembangunan yang berbasis kepada hak anak bagaimana mengintegrasikan komitmen bersama stokholder yang ada agar hak-hak anak dapat terpenuhi sehingga anak dapat berkembang secara maksimal serta terlindungi dari berbagai tindakan kekerasan dan diskriminasi.

"Anak adalah amanah sekaligus karunia Tuhan yang senantiasa harus dijaga. Oleh karena itu Pemerintah daerah bertanggungjawab haruslah terhadap perlindungan anak sehingga menjadikan mereka generasi yang kuat dan terhindar dari kekerasan dan tindak eksploitasi," ucapnya, demikian dikutip laman Dinas Kominfo Kepri.

Selain itu, Sekdaprov Adi mamandang kebijakan KLA ini merupakan program yang baik didalam mempersiapkan sumber daya manusia. Untuk diketahui secara berturut-turut dari Tahun 2021 dan 2022 Provinsi Kepulauan Riau mendapatkan Predikat Provinsi Layak Anak.

"Saya berharap semoga pertemuan ini menghasilkan Ide-ide, solusi untuk memenuhi indikator-indikator KLA dengan menyiapkan dokumentasi kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan disetiap OPD masing-masing agar predikat sebagai Provinsi Layak Anak dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan," kata dia.

Rakor ini dihadiri Kepala Barenlitbang Provinsi Kepri selaku Ketua Gugus Tugas KLA Kepri, Misni; Kepala DPPPA Provinsi Kepulauan Riau serta Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak Provinsi Kepri.

Editor: Gokli