Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polri Bakal Jaga Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Oleh : Redaksi
Selasa | 19-03-2024 | 17:40 WIB
Karopenmas1.jpg Honda-Batam
Karo Penmas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko. (Humas Polri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Polri bakal menjaga rumah-rumah warga yang kosong lantaran ditinggal mudik pada libur Lebaran 1445 Hijriah mendatang.

Karo Penmas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan penjagaan tersebut bakal dilakukan oleh Polda jajaran hingga ke tingkat Polsek melalui Operasi Ketupat 2024.

"Terkait rumah-rumah yang ditinggalkan Polri akan hadir melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat ini," ujarnya kepada wartawan, Selasa (19/3/2024).

Trunoyudo mengimbau agar masyarakat yang akan meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong agar melapor kepada satuan polisi terdekat.

Dia mengatakan Polri juga turut meminta dukungan dari seluruh pihak agar dapat menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama momentum Ramadan dan Lebaran.

"Harapannya selama ibadah Ramadan pada saat mudik, Idul Fitri, hingga arus balik dilaksanakan secara aman," tuturnya.

Sebelumnya Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan Operasi Ketupat 2024 bakal digelar serentak pada 4 hingga 16 April 2024 mendatang.

Operasi tahunan ini digelar untuk memastikan keamanan hingga kelancaran arus mudik-balik selama masa Lebaran 2024 nantinya.

Kendati demikian, Aan masih belum merinci berapa jumlah personel yang akan diturunkan dalam Operasi Ketupat 2024 tersebut. Hanya saja, ia memastikan bahwa sudah ada skema yang disiapkan guna memperlancar arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Skema pengaturan lalu lintas yang sudah disiapkan pihak kepolisian yakni mulai dari one way, contra flow hingga ganjil-genap. Lebih lanjut, kata dia, sebelum kegiatan Operasi Ketupat dilaksanakan nantinya juga akan terlebih dahulu digelar Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD).

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha