Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan Ribu Buruh Turun ke Jalan, Mukakuning Jadi Lautan Manusia
Oleh : kli/dd
Rabu | 03-10-2012 | 07:52 WIB

BATAM, batamtoday - Di kawasan Mukakuning, hampir semua buruh dari dua lokasi industri yakni Batamindo dan Panbil turun ke jalan. Akibatnya, daerah Mukakuning jadi lautan manusia, Rabu (3/10/2012) pagi.


Informasi yang dihimpun di lapangan, ribuan buruh yang turun ke jalan ini merupakan gabungan dari semua anggota serikat buruh di Batam yakni FSPMI, SPSI dan SBSI.

Salah seorang buruh di Panbil Industri, Sahat mengatakan ribuan buruh ini terpaksa turun ke lapangan untuk menuntut hak-haknya yang selama ini belum dipenuhi oleh pengusaha. Selain itu, mereka juga menuntut penghapusan outsourcing di tubuh perusahaan.

"Sepertinya tiga serikat buruh yang besar di Batam turun ke jalan. Dan tuntutannya hampir sama," katanya.

Sebelumnya, Koordinator Garda Metal, Suprapto memastikan semua anggota FSPMI yang ada di lokasi industri Mukakuning turun ke jalan untuk melangsungkan demo yang juga digelar secara nasional di 14 kota di seluruh Indonesia.

Aksi demo ini sendiri, kata Suprapto menuntut penghapusan outsourcing, tolak upah murah, berlakukan undang-undang PBJS Januari 2014, dan pembayaran upah kelompok usaha.

"Saya pastikan semua anggota FSPMI yang ada di lokasi industri Mukakuning turun ke jalan untuk melangsungkan aksi demo nasional," tegasnya.

Pantauan batamtoday di lokasi, ribuan buruh yang turun ke jalan ini mayoritas merupakan anggota FSPMI.