Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wakil Bupati Lepas 10 Pramuka Terbaik Anambas Ikuti Raimuna di Papua
Oleh : emmi/dd
Selasa | 02-10-2012 | 18:21 WIB
anambas-pramuka.gif Honda-Batam
Wakil Bupati Abdul Haris bersama unsur FKPD foto bersama 10 utusan anggota Pramuka di halaman kantor bupati.

ANAMBAS, batamtoday - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris SH, melepas 10 anggota pramuka terbaik Anambas untuk mengikuti Raimuna Nasional di Bumi Perkemahan Cendrawasih, Papua, Selasa (2/10/2012). Ke-10 utusan tersebut akan berangkat besok, Rabu (3/10/2012).


"Sepuluh anggota terbaik Pramuka Kwarcab (Kwartir Cabang) Pramuka Kabupaten Kepulauan Anambas akan berangkat besok mewakili Anambas di Raimuna Nasional di Papua," kata Wakil Bupati Anambas yang juga sebagai Ketua Kwartir Cabang Anambas, Abdul Haris SH, saat upacara pelepasan di halaman kantor Bupati Anambas, Tarempa.

Sebelum pelaksanaan Raimuna Nasional, yang akan dilaksanakan pada 8 sampai 15 Oktober 2012 di Bumi Perkemahan Cendrawasih, Papua, Pramuka Anambas telah mempersiapkan diri dengan baik secara mental dan materi.

"Kwarcab dari Anambas besok akan berangkat ke Tanjungpinang dan akan bergabung dengan Kwarda Provinsi Kepulauan Riau. Kebetulan dua kabupaten yang menjadi utusan ke Papua, yakni dari Karimun dan Anambas akan mewakili Kepri pada Raimuna Nasional di Papua," katanya.

Sebelum keberangkatan, kata Abdul Haris, terlebih dahulu menjaga kesehatan dan kesiapan mental apalagi jarak yang ditempuh sangat jauh.

"Jaga kesehatan dan tetap kompak antara satu dengan yang lainnya, dan jaga pergaulan selama di sana karena seluruh Indonesia akan bergabung di sana nanti," kata Abdul Haris.

Selain itu, kata Abdul Haris, utusan yang dikirim dapat mengharumkan nama Kabupaten Kepulauan Anambas dan meminta agar menjadikan pramuka untuk membangun karakter diri yang lebih baik.

"Saya sangat berharap utusan ini dapat menjadi kebanggan Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kepri. Saya juga menghimbau kepada adik-adik yang belum terpilih ikut dalam kontingen jangan lemah tetapi tetap semangat karena masih ada kesempatan yang lain," ujarnya.

Sementara pimpinan kontingan Pramuka Anambas, Moh Yusuf mengatakan, anggota pramuka yang ikut ke Papua terlebih dahulu mengikuti serangkaian tes yang digelar beberapa waktu yang lalu. Peserta yang dinyatakan lulus test dan memenuhi syarat dari 7 kecamatan di Anambas terpilih 10 oarang yang akan mewakili Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Pramuka Anambas yang terpilih telah lulus beberapa tes yang akan kita persiapkan di Papua nanti. Mereka intinya siap secara mental dan dukungan orang tua masing-masing anggota pramuka yang sangat mendukung akan menambah motivasi mereka," katanya.

Moh Yusuf juga menambahkan, total keberangkatan kali ini ke Papua 10 pramuka ditambah 9 orang pendamping. Dirinya juga berharap selama perjalanan tidak ada kendala dan meminta dukungan seluruh warga Anambas agar Pramuka Anambas dapat memperoleh prestasi di Raimuna nanti.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala dalam perjalanan, apalagi perjalanan kali ini cukup jauh, saya berharap agar semua mendoakan dan mendukung kami agar dapat prestasi di sana," ungkapnya.

Salah satu peserta pramuka dari SMA I Palmatak, Shodikin mengaku sebelum keberangkatan sudah mempersiapkan diri. bahkan keberangkatannya menuju Papua mendapat dukungan penuh baik dari sekolah maupun orangtuanya.

"Saya sudah siap berangkat, sebelum berangkat orangtua juga mendukung dan sekolah serta teman-teman yang lain jadi penambah semangat saya," katanya.