Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siap-siap! ASN Bakal Ditugaskan Magang untuk Pengembangan Kompetensi
Oleh : Redaksi
Selasa | 12-03-2024 | 18:55 WIB
asn_kepri_batamtoday111.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang membahas manajemen ASN atau Aparatur Sipil Negara (PNS & PPPK) ditargetkan rampung pada akhir April 2024. Aturan ini memuat beberapa hal, termasuk pola pengembangan ASN.

Menurut Anas, RPP Manajemen ASN akan mengatur terkait pola pengembangan kompetensi ASN yang tidak lagi klasikal, seperti penataran. Pola pengembangannya mengutamakan experiential learning, seperti magang, on the job training, yang semuanya menjadi bagian dari upaya meningkatkan kapasitas ASN.

"Sejalan dengan itu maka nanti sistem pembelajarannya akan dibuat terintegrasi (integrated learning)," jelas Anas dalam keterangannya, Selasa (12/3/2024).

Terkait dengan kinerja, kata Anas, permasalahannya adalah kinerja pegawai belum sepenuhnya mencerminkan kinerja organisasi. Untuk itu, kedepan pengelolaan kinerja dilaksanakan untuk memastikan pencapaian tujuan organisasi.

"Ini yang kita desain keselarasannya, antara kinerja individu dan kinerja organisasi sama," terang Anas.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha