Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 2024 Selasa 12 Maret
Oleh : Redaksi
Minggu | 10-03-2024 | 20:04 WIB
menag_hilal.jpg Honda-Batam
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai melakukan Sidang Isbat Awal Ramadhan 1445 H pada Minggu, 10 Maret 2024 di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jalan. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah yang menjadi penanda awal ibadah puasa jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Ketetapan ini disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai melakukan Sidang Isbat Awal Ramadhan 1445 H pada Minggu, 10 Maret 2024 di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jalan. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

"Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk dan tidak memenuhi MABIMS. Sidang isbat bersepakat secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada 12 Maret," ujar Menag dalam konferensi pers usai sidang isbat.

Menurut Yaqut mengungkapkan, di 134 titik pemantauan hilal di seluruh Indonesia, pengamat tidak dapat melihat penampakan Bulan baru penanda awal bulan Hijriah.

Di sisi lain, berdasarkan hisab atau perhitungan astronomis, posisi hilal seluruh Indonesia belum berada di atas ufuk, sehingga bulan Syakban digenapkan menjadi 30 hari.

Oleh karenanya, Senin (11/3/2024) besok ditetapkan masih 30 Syakban 1445 H, sedangkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada 12 Maret 2024.

Ia berharap dengan adanya hasil sidang isbat ini, umat islam menjalankan ibadah dengan kekhusukan. "Ada perbedaan namun saling menjungung tinggi toleransi," katanya.

Sidang Isbat ini melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama serta dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

Sidang juga melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya. Pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI diundang untuk hadir dalam sidang isbat.

Kegiatan tahunan ini digelar secara hybrid, daring dan luring.

"Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah," ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin pada Rapat Persiapan Penetapan Awal Ramadan di Jakarta, Senin, 19 Februari 2024.

Sebelum menggelar sidang isbat, pemaparan dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. Sesi ini terbuka untuk umum dan disiarkan secara langsung di kamal Youtube Bimas Islam.

Selain data hisab atau informasi, sidang isbat juga merujuk pada hasil rukyatulhilal, yakni konfirmasi yang dilakukan Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Usai pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi, sidang isbat penentuan awal Ramadan 1445 Hijriah digelar secara tertutup setelah salat Magrib.

Editor: Surya