Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Tanjungpinang Gelar Bimtek Tingkatkan Keamanan dan Mutu Pangan Industri Rumah Tangga
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 07-03-2024 | 10:28 WIB
0703_bimtek-pangan-tpi_023923498.jpg Honda-Batam
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi 50 pemilik sarana industri rumah tangga pangan. (Devi/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam upaya meningkatkan keamanan dan mutu pangan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi 50 pemilik sarana industri rumah tangga pangan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari di Hotel CK Tanjungpinang, Km 8 Atas, yang secara resmi dibuka pada Rabu (6/3/2024).

Tujuan dari bimbingan teknis ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang cara produksi pangan yang benar, higiene dan sanitasi lingkungan produksi, serta kebutuhan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan generasi muda.

Kadis Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, menjelaskan, para peserta diberikan materi mengenai peraturan perundangan di bidang pangan, teknologi proses pengolahan pangan, standar prosedur sanitasi, cara produksi pangan olahan yang baik, penggunaan bahan tambahan pangan, persyaratan label dan kemasan, persyaratan sertifikasi halal, etika bisnis, dan pengembangan jejaring.

"Keikutsertaan para pemilik sarana industri rumah tangga sangat penting karena merupakan bukti pemenuhan komitmen persyaratan agar produk pangan yang dihasilkan dapat diregistrasi dan diterbitkan nomor P-IRTnya, serta dapat dipasarkan di swalayan dan supermarket," jelasnya.

"Bimbingan teknis ini merupakan angkatan pertama tahun 2024, dan angkatan berikutnya akan dilaksanakan pada bulan Juli dan Oktober dengan masing-masing 50 peserta," tambahnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh nara sumber dari pejabat Loka POM Tanjungpinang, Tim Trainer Keamanan Pangan, Satgas Halal, dan Tim Dinas Kesehatan terkait.

Editor: Gokli