Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Telan Anggaran Ratusan Miliar

Flyover Sei Ladi Diharapkan Bisa Urai Kemacetan dan Jadi Daya Tarik Investor
Oleh : Aldy
Senin | 04-03-2024 | 12:24 WIB
sei-ladi-02.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, bersama jajaran Deputi, saat ground breaking Fly Over Sei Ladi, Senin (4/3/2024). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembangunan jalan layang atau flyover di kawasan Sei Ladi, diharapkan bisa mengurai kemacetan di kawasan tersebut.

Di samping itu, pembangunan yang menelan biaya Rp 132 miliar lebih itu bisa menjadi daya tarik investor.

Dengan total anggaran Rp 132.074.141.869,28 untuk tahun anggaran 2023-2024 dan bersumber dari dana PNBP BP Batam, fly over tersebut memiliki panjang 120 meter.

"Ini pakai PNBP, ini tahun anggaran 2024 ini harus selesai tahun ini. Panjang jembatan 120 meter," ujar Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, usai acara ground breaking, Senin (4/3/2024).

Dijelaskan Rudi, selain mengurai kemacetan dan sebagai daya tarik bagi investor, jalan layang ini juga diharapkan memperlancar mobilisasi bagi wisatawan. Sebab, hampir di semua sudut Kota Batam tengah dibangun fasilitas penunjang pariwisata.

"Usaha bagi pebisnis pun bisa lancar. Industri sudah ada di mana-mana. Dari perusahaan menuju pelabuhan dan Bandara. Maka seluruh yang menjadi kebutuhan investasi kami akan disiapkan oleh BP Batam," sebut Rudi.

Menurutnya, infrastruktur jalan menjadi akses utama guna memangkas biaya logistik terhadap barang yang diekspor dari Batam melalui pintu keluar melalui Pelabuhan Batu Ampar dan Bandara Hang Nadim.

"Kami terus berkomitmen untuk menyiapkan seluruh infrastruktur untuk kelancaran lalu lintas itu sendiri," jelasnya.

Sementara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Flyover Sei Ladi, Boy Zasmita, menyampaikan proyek infrastruktur ditargetkan selesai pada akhir tahun 2024.

Untuk titik awal jalan layang dari Perumahan San Dona dan berakhir di Rumah Duka Marga Tionghoa Batam. "Insyaallah, kita kan sudah mulai dari awal tahun 2024, akhir tahun selesai kami targetkan," ujar Boy.

Ia menyampaikan, panjang jembatan jalan layang Sei Ladi sekitar 120 meter dengan pendekat jembatan di kedua ujungnya masing-masing sekitar 60 meter. Adapun lebar jalan layang ini memiliki lebar 10,5 meter dengan 3 lajur.

"Jadi flyover ini khusus untuk jalur kendaraan dari arah Sekupang menuju ke arah Batam Center," jelas Boy.

Editor: Gokli