Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaku Balap Liar Digaruk Aparat Polres Bintan
Oleh : hrj/dd
Senin | 01-10-2012 | 17:16 WIB
balap-liar-digaruk.gif Honda-Batam
Para pelaku balap liar yang digaruk aparat Polres Bintan.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Polres Bintan melakukan operasi penertiban kepada para remaja yang hobi melakukan aksi kebut-kebutan di jalan raya. Sedikitnya, 24 pembalap liar beserta kendaraannya diamankan dan digiring di Mapolres Bintan.


Tim tindak yang khusus dibentuk untuk melakukan penertiban, secara  mendadak menyergap para pembalap liar yang sedang beraksi di Jalan Lobam Indunsuri tepatnya di depan Pujasera Melayu Bedendang Tanjunguban pada Sabtu (29/9/2012) malam. Bahkan beberapa pelaku pembalap liar, sempat berhamburan, karena berupaya untuk melarikan diri. 

"Mereka ada yang berlari, hingga masuk dalam semak belukar dan rawa yang berlumpur, tapi sebgain besar tertangkap," ujar Alex, salah seorang warga yang menyaksikan operasi tersebut, kepada batamtoday, Senin (1/10/2012).

24 pembalap liar yang didominasi oleh para pelajar setingkata SLTP dan SLTA tersebut, terdiri 16 pelajar, 2 pekerja bengkel, 3 nelayan dan 2 buruh bangunan serta 1 orang tuna wicara. Mereka adalah Laode (19), Juandi (17), Pandu (18), Andrian (16) dan Parijan (18) adalah siswa SMK Perkapalan. Supriadi (16) dan Trianto (14), siswa SMK Negeri I Bintan. Yogi (15) dan Rianda (17) siswa SMA YKPP Bintan.Yanto (16) dan Rona (16) siswa SMA Negeri 5 Bintan. Heri Setiawan (17) siswa SMA Negeri 4 Bintan. 

Lukas Tarigan (13) dan Rian Fitra Hidayat (12) siswa SMP Negeri 9 Bintan. Uji (15) siswa SMP Negeri 11 Bintan, Okta (15) siswa  SMP Negeri 15 Bintan. Ucok (21), Feri (19), Agus (19) nelayan. Jampri (17) dan Dicky (17) buruh bangunan serta Rianto (20) dan Hogen (21) pekerja bengkel. 

Dalam penertiban balap liar tersebut, dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bintan Kompol Irawan Banuaji, Sik, dengan mengerahkan sejumlah personil Polres Bintan. Kasatlantas Polres Bintan AKP Kurniawan Ismail, Sik mengatakan, penertiban aksi balap liar menindaklanjuti terbentuknya tim tindak. 

"Sengaja kita menggunakan mobil pribadi, tidak menggunakan mobil patroli, supaya mereka tidak tahu. Saat adu balap berlangsung, kita sudah menutup tiga titik masuk dan keluar yakni arah Uban, arah Lobam dan arah Berdikari," ungkap Kasatlantas. 

Akses jalan ditutup, polisi langsung memperingati pembalap liar agar tidak meninggalkan lokasi. Tapi sebagian besar pembalap liar yang lagi beraksi tidak menghiraukan malah berlarian. " Mereka mau kabur tapi karena akses jalan sudah ditutup tidak dapat kemana-mana. Tampak kocar kacir, bahkan ada menyelamatkan ke hutan," kata Kurniawan. 

Kemudian kendaraan dan pengendara diamankan di Mapolres Bintan. Kurniawan mengatakan selain tilang, pihaknya juga memberikan pembinaan kepada pembalap liar. Ia juga meminta peran aktif orangtua dan sekolah, dan instansi samping untuk dapat bekerjasama dengan pihak kepolisian. 

"Aksi kebut-kebutan dijalan raya sudah meresahkan warga dan mereka sudah berulang-ulang menyampaikan keluahannya. Semoga pihak orangtua, sekolah dan isntansi samping, bisa ikut memberikan pembinaan agar tidak ada lagi aksi seperti itu," harapnya.